Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh keterampilan kepala sekolah terhadap mutu layanan pendidikan SMA swasta, 2) mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap mutu layanan pendidikan SMA Swasta 3) mengetahui pengaruh keterampilan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap mutu layanana pendidikan SMA Swasta di Kota Tegal
Populasi penelitian ini 148 guru SMA Swasta di Kota Tegal. Sampel 148 guru diambil proportional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi sederhana dan rgreasi ganda digunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata keterampilan kepala sekolah adalah 201,54 dikategorikan tinggi, skor rata-rata kompetensi guru adalah 234,77 dikategorikan tinggi, skor rata-rata mutu layanan pendidikan adalah 399,32 dikategorikan tinggi. Pada keterampilan kepala sekolah indikator terendah menyelesaikan konflik, variabel kompetensi guru indikator terendah pada evaluasi pembelajaran, sedangkan pada variabel mutu layanan pendidikan indikator terendah pada perencanaan pembelajaran.
Disarankan kepala sekolah merubah konflik tersebut menjurus ke hal positif, serta memberikan bimbingan kepada guru dan memperbaiki mutu proses belajar mengajar dengan cara mengagendakan pelaksanaan workshop dengan guru sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran serta melibatkan peran masyarakat dankemitraan untuk mendukung program sekolah.