PENGARUH KETERAMPILAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG
Narendra Duhita Tri Ambarwati, Ghufron Abdullah, Titik Haryati
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh keterampilan manajemen kepala sekolah terhadap komitmen organisasi guru. (2) mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi guru. (3) mengetahui pengaruh keterampilan manajemen kepala sekolah dan kepuasan kerja secara bersama sama terhadap komitmen organisasi guru TK di Kecamatan Tembalang Semarang.
Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 211 guru yang tersebar di 64 sekolahan dengan sampel sebanyak 138 yang dipilih secara proporsional random sampling. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas data dan uji regresi menggunakan program SPSS for Windows 21.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Keterampilan manajerial dipersepsikan cukup terampil dengan dimensi terkuat keterampilan hubungan manusiawi, dan besarnya pengaruh keterampilan manajemen kepala sekolah terhadap komitmen organisasi guru sebesar 48,0% (2) Kepuasan kerja dipersepsikan cukup puas dengan dimensi terkuat atasan (pimpinan) dan besarnya pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi sebesar 62,7% (3) Komitmen organisasi dipersepsikan cukup baik dengan dimensi terkuat komitmrn afektif dan besarnya pengaruh keterampilan manajemen kepala sekolah dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap komitmen organisasi sebesar 63,0% dengan persamaan regresi Ŷ = 21,628 + 0,303 X1+ 0,694 X2.