perspektif guru tentang perkembangan sosial dan emosional di masa pandemi siswa kelas V SDN tasik agung Rembang
Abstract
Pembelajaran online berdampak terhadap perkembangan siswa sekolah dasar dalam interaksi sosial dan emosional. Masa pandemi Covid-19 membutuhkan dorongan ekstra dalam perkembangan sosial dan emosional siswa lebih baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perspektif guru tentang perkembangan sosial dan emosional di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V SDN Tasik Agung Rembang Jawa Tengah. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan penyebaran kuesioner kepada siswa kelas V dan wawancara dengan guru wali kelas serta guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan uji credibility yaitu pengamatan mendalam, tringgulasi dan diskusi dengan ahli. Metode analisis data yaitu collection, reduction, display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian ini ada 7 indikator dari hasil kuesioner siswa dan wawancara guru yang memberikan sudut pandangan berbeda yaitu kejujuran, sopan santun, toleransi, disiplin diri, kesadaran diri, mengatur emosi, dan menggunakan emosi secara efektif. Sedangkan 3 indikator lainnya yaitu tolong menolong, tenggang rasa, dan menjalin hubungan memberikan pandangan yang sesuai dengan kedua responden. Sehingga kesimpulan berdasarkan penelitian hasil yang dapat adalah untuk bisa diperbaiki dan dikembangkan lagi pembelajaran terkait siswa kearah yang lebih baik dengan guru untuk membentuk karakter siswa melalui pemberian contoh perilaku yang baik, penambahan serta pemahaman materi pendidikan karakter yang lebih jelas dan lain sebagainya di masa pandemi Covid 19.
Kata Kunci: Sosial, Emosional, Siswa, Perspektif Guru
References
Daftar Pustaka
Ahmed, S., Hegazy, N. N., Malak, H., Kayser, C., Elrafie, N., Hassanien, M., Al-Hayani, A., Saadany, S., AI-Youbi, A., & Shehata, M. H. K. (2020). Model for Utilizing Distance Learning post COVID-19 using (PACT)TM A Cross Sectional Qualitative Study. 1–13. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-31027/v1
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf
Bao, W. (2020). COVID ‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University . Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Goleman, D. (2005). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. International Kindle Paperwhite.
Harjoto, M. A., Laksmana, I., & Yang, Y. wen. (2019). Board nationality and educational background diversity and corporate social performance. Corporate Governance (Bingley), 19(2), 217–239. https://doi.org/10.1108/CG-04-2018-0138
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Jennings, P. A., & Greenberg, M. T. (2009). The prosocial classroom: Teacher social and emotional competence in relation to student and classroom outcomes. Review of Educational Research, 79(1), 491–525. https://doi.org/10.3102/0034654308325693
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196.
Mahbub, Mohmammad., Purnamawati, Dewi., Maslamah., Sopakua, Samel., Fauziddin, M. (2020). Educational Data Mining with Clustering technique on the Distribution of Civil Servant Teachers in Indonesia. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems Presents Peer-Reviewed Survey and Original Research Articles, 12(6), 2097–2103. https://www.jardcs.org/abstract.php?id=5245
Mangkunegara, A. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.
McDonald, S. W., Kehler, H. L., & Tough, S. C. (2018). Risk factors for delayed social-emotional development and behavior problems at age two: Results from the All Our Babies/Families (AOB/F) cohort. Health Science Reports, 1(10), 1–12. https://doi.org/10.1002/hsr2.82
Nawangsari, H. (2021). Hubungan Karakteristik Individu Dengan Pengetahuan Tentang Pencegahan Coronavirus Disease 2019 Pada Masyarakat Di Kecamatan Pungging Mojokerto. Sentani Nursing Journal, 4(1), 46–51. https://doi.org/10.52646/snj.v4i1.97
Oliver, R., Tallent-Runnels, M. K., Thomas, J. A., A., J., Cooper, S., Ahern, T. C., Shaw, S. M., Liu, X., Bolliger, D. U., Wasilik, O., Henry, P., Nakayama, M., Mutsuura, K., Yamamoto, H., Sadeck, O., Cronjé, J., Williams, H. N., Redmond, P., Abawi, L. A., … Mcisaac, M. (2009). The Theory and Practice of Online Learning: TOWARDS A THEORY OF ONLINE LEARNING. Electronic Journal of E-Learning, 38(4), 93–135. https://www.mentormob.com/hosted/cards/71178_cfc5725a0c013f51c6279e4e3fdaed03.pdf
Singh, V., & Thurman, A. (2019). How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289–306. https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. PT Remaja Rosdakarya.
Tusyana, E., & Trengginas, R. (2019). ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL TERCAPAI Abstrak. Jurnal Iventa, 3(1), 18–26. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/download/1804/1626
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes (& E. S. (Eds. . M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner (ed.)). Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wagner, J. A. (1994). Participation’S Effects on Performance and Satisfaction: a Reconsideration of Research Evidence. Academy of Management Review, 19(2), 312–330. https://doi.org/10.5465/amr.1994.9410210753
Wijoyo. H, I. I. (2020). MODEL PEMBELAJARAN MENYONGSONG NEW ERA NORMAL PADA LEMBAGA PAUD DI RIAU *Hadion Wijoyo **Irjus Indrawan *STMIK Dharmapala Riau **Universitas Islam Indragiri Surel: *Hadion. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4(3), 205–212.
Zusnani, I. (2013). Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMP. Tugu Publisher.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.10180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)