ANALISIS WEB PORTAL RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN
Abstract
Penelitian ini adalah pelaksanakan pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik yang kurang paham akan Teknologi yang ada sehingga guru memanfaatkan WEB Portal Rumah Belajar sebagai alternatif pembelajara.Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses belajar mengajar pembelajaran daring kelas IV semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 meliputi 5 SDN yang ada di kecamatan Kesesi Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses belajar mengajar pembelajaran daring menggunakan WEB Portal Rumah Belajar dan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring menggunakan WEB Portal Rumah Belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring kelas IV semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di beberapa sekolah dasar meliputi 5 SDN yang ada di kecamatan Kesesi terlaksana dengan baik, dengan sekolahan menerapkan pembelajaran dengan blended learning, sebagai alternatif bagi peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran daring menggunakan WEB Portal Rumah Belajar menggunakan media elektronik. Sehingga peserta didik kelas IV seluruh nya mendapatkan materi dengan sama dan tidak ada yang tertinggal karena tidak memiliki media elektronik.
References
Muna, F. N. (2020). Pengaruh Penerapan Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IX SMP NU SURUH Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61-68. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/download/1306/1057
Warsita, B. (2019). Pemanfaatan portal Rumah Belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal: Teknodik, 23(1), 68-70. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/download/355/445
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870. http://eprints.ummi.ac.id/1809/
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.10549
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)