ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN KALIMAT TUNGGAL PADA SISWA KELAS 1 SDN GETAS 1 KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Abstrak. Pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama di sekolah dasar tidak akan terlepas dari empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kemampuan berbahasa bagi manusia sangat diperlukan, terutama kemampuan membaca permulaan. Membaca permulaan merupakan membaca awal yang diberikan kepada anak di kelas I dan kelas II sebagai dasar untuk pelajaran selanjutnya. Sehingga Kemampuan membaca permulaan perlu mendapat perhatian lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan membaca permulaan dengan kalimat tunggal pada siswa kelas 1 SDN Getas 1 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. metode dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Dari hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kemampuan membaca permulaan dengan kalimat tunggal pada siswa kelas 1 SDN Getas 1 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak terdapat 8 siswa tidak lancar saat membaca dan 12 siswa lainnya lancar saat membaca bacaan, serta dalam melaksanakan penelitian dimasa pandemi mengalami kendala. Kendala utama yaitu kurangnya fasilitas belajar dan dukungan orang tua. Kurangnya fasilitas belajar berupa tidak adanya hp dan jaringan, dan orang tua cenderung hanya mengandalkan pembelajaran dari sekolah. Saran dari peneliti Guru lebih memperhatikan siswa yang tidak lancar dan kemampuan membacanya yang masih rendah, sekolah dan orang tua berusaha melengkapi fasilitas belajar untuk siswa, dan orang tua meluangkan sedikit waktunya untuk mendampingi belajar anak.
Keywords: Bahasa Indonesia, Kemampuan Berbahasa, Membaca Permulaan
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.11209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)