PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POLA LANTAI PADA MUATAN PEMBELAJARAN SBdP TEMA 9 KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran SBdP pada materi pola lantai kelas V sekolah dasar merupakan pembelajaran yang berisikan tentang pola dasar yang digunakan seorang penari saat melakukan gerakan dengan perpindahan atau pergeseran posisi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar, menganalisis respon guru dan respon peserta didik dalam menggunakan bahan ajar materi pola lantai pada muatan pembelajaran SBdP Tema 9 Kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Develpoment), dengan subjek penelitian yaitu guru SD N 1 Tawangharjo, SD N 4 Sumberagung, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi. Hasil penelitian berupa (1) dikembangkannya bahan ajar teori dan praktik berupa modul dan video pembelajaran pola lantai. (2) respon guru terhadap media dan materi sebesar 91,0% dan 90,9% yang di simpulkan sangat baik dan layak digunakan. (3) respon peserta didik terhadap bahan ajar sebesar 100% di simpulkan bahwa peserta didik sangat baik dan menarik.
References
Ikhsanudin, Farid. 2020. “Pengembangan Media Permainan Inovatif CERAPI (Cerita Imajinasi Pola Lantai) Pada Pembelajaran SBdP Untuk Siswa Kelas V SDN Karangtengah 01 Batang”. Skripsi. Semarang: Univeritas Negeri Semarang.
Kurniawati, Fitri Erning. 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah”. Dalam Jurnal Penelitian Vol. 9, No. 2. http://journal.iainkudus.ac.id. Diakses 2 Juni 2021.
Permendikbud. 2014. Surat Edaran Nomor 57 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Putrawangsa, S & Uswatun, H.2018. “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0 Kaji dari Perspektif Pembelajaran Matematika”. Dalam Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Vol 16, No. 1. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif Diakses 2 Juni 2021.
Sukmadinata, Nanan Syaodih. 217. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.11473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)