PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI 2 SEDADI

Novi Setiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flashcard terhadap hasil belajar siswa Tema 6 Subtema 1 kelas V SD N 2 Sedadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dala bentuk Pre-Eksperimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 2 Sedadi. Sampel yang diambil adalah 32 siswa, teknik Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Karena disini siswa diberikan media pembelajaran inovatif dan menarik, tentunya siswa akan lebih senang dalam belajar. Maka dengan timbulnya rasa senang belajar dan mencoba ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata  pre-test yaitu 48,90 dan rata-rata posttest 79,53. Berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung = 12,570 dan ttabel sebesar 1,696. Maka thitung> ttabelyaitu 12,570 > 1,696 maka HO ditolak dan Hɑ diterima. Terdapat perbedaan presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 75% dilihat dari nilai pre-test memperoleh hasil yaitu 22% dan nilai post-test  yaitu 97%, dimana nilai setelah diberi perlakuan telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu ≥85%. Jadi media pembelajaran Flashcard berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Tema 6 Subtema 1 kelas V SD N 2 Sedadi.

Kata Kunci: Pengaruh, Flashcard, Hasil Belajar


References


Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Febriyanto, B. & Yanto, A. (2019). “Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.3, No.2 Tahun 2019.

Maghfiroh, L. (2013). “Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.1, No.2 Tahun 2013.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S. (2020). “Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku””. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.4, No. 1, Tahun 2020.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.11642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)