IMPLEMENTASI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDS IT PERMATA BUNDA

Filia Prima Artharina

Abstract


Kebijakan Kurikulum Merdeka merupakan bentuk dukungan dan fasilitas dari Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan SDM sekolah dan kesadaran sekolah tentang pentingnya implementasi Kurikulum Merdeka adalah diperlukan kebijakan secara komprehensif, kebijakan yang dapat mempermudah dan memotivasi para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson Study merupakan pendekatan komprehenship yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang secara profesional dilaksanakan secara tim melalui tahapan-tahapan perencanaan ( Plan ), implementasi ( Do ), refleks ( See ).  Pelaksanaan lesson study dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang dilaksanakan melalui pembelajaran project based learning di SDSIT Permata Bunda berjalan dengan baik dan mampu mencapai indikator gotong royong dan berfikir kritis dalam profil pelajar pancasila. Kemapuan yang meningkat dalam pelaksanaan lesson study ini anatara lain kemampuan menanya, merencanakan, membuat jadwal, monitor, menilai dan mengevaluasi.  Dengan demkian, dapat dikatakan bahwa implementasi lesson study dalam pembelajaran PPKN di kelas IV SDSIT Permata Bunda mampu meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis project, dapat meningkatkan ketercapaian profil pelajar pancasila dan juga mampu meningkatkan peran komunitas praktisi pembelajar dalam menjalankan kurilulum merdeka

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Lewis, Catherine2004, Does Lesson Study Have a Future in the United States. Online: http://www.sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm

Lewis, Catherine. 2002. Lesson Study: a Handbook of Teacher –Led Inntructional Change, Philadelphia, PA: research for Better Schools, Inc.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Society 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66– 78.

Rini, A. P. (2017). Lesson Study For Learning Community (LSCL). Jurnal Ilmu Agama Islam, 25–38.

Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.11994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)