PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS PLOTAGON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI SDN GEBANGSARI 01 KOTA SEMARANG

Hanif Firmansyah

Abstract


Untuk Meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi pembelajaran diperlukan media pembelajaran yang efektif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Plotagon pada tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan pengembangan yang dilakukan karakteristik yang dihasilkan dari media video animasi pembelajaran berbasis Plotagon pada pembelajaran tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia kelas V sekolah dasar yaitu media video animasi ini dapat bertahan lama, memiliki tampilan dan warna desain warna warna yang menarik. Mempermudah siswa dalam menggunakan media dimanapun dan kapanpun. Hasil dari ahli materi menunjukkan rata-rata presentase 95% dan hasil dari ahli media menunjukkan rata-rata presentase 100%. Penilaian praktisi materi memperoleh presentase 90% sedangkan praktisi media memperoleh presentase 82,5%.  Hasil penilaian kedua guru kelas V pada penilaian materi didapat hasil presentase 97,5% dan penilaian media mendapat presentase 95%.  Angket tanggapan siswa sebesar 100%.  Hal ini dapat disimpulkan media yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dan “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran kelas V tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Berbasis Plotagon, atau organ gerak hewan dan manusia.


References


Adkhar, B. I. (2016). Pengembangan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon pada kelas 2 mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SD labschool UNNES. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Univ. Negeri Semarang.

Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

BROWN, W. E. A microanalytical procedure for the determination of calcium, phosphate and fluoride in enamel biopsy samples. Caries research, 1983, 17.1: 23-31.

Danim, Sudarwan (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Darmanta, Gede. 2016. “Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Kelas 6 Semester Genap di SD N 2 Banyuning Tahun Pelajaran 2015-2016”.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/8533/5573. Jurnal EDUTECH. 2016. Volume 5 Nomor 2. Diakses pada Minggu, 20 Desember 2020 pukul 02.40.

Eti rohaeti. 2005. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Gagne dan Briggs. 1979. Pengertian Pembelajaran. http://www.scribd.com/doc/50015294/13/B-Pengertian-pembelajaranmenurut beberapa-ahli (diakses pada tanggal 1 November 2011)

Hasanah, U., & Nulhakim, L. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis”. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/283/184. JPPI (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA). Volume 1 Nomor 1. Diakses pada Kamis, 4 Februari 2020 pukul 20.42.

Hurlock, B. (2013). Perkembangan Anak, edisi keenam. Jakarta : Erlangga

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran . Jogjakarta : DIVA Pres.

Jerry, P. R. P., I Nyoman, J., & I Komang, S. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar”. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/download/20257/12321. Jurnal EDUTECH. Volume 6 Nomor 1. Diakses pada ‎Selasa, ‎17 ‎November ‎2020 pukul ‏‎21:53.

Kustandi, C. dan B. Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital.Bogor. Ghalia Indonesia.

Lestari, Diyah Ayu Budi, Budi Astuti, and Teguh Darsono. "Implementasi LKS dengan pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa." Jurnal pendidikan fisika dan teknologi 4.2 (2018): 202-207.

Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunaka Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 157-172.

Maswan & Muslimim, 2017. Teknologi Pendidikan: Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Belajar

NINGTIYAS, Tri Wahyu; SETYOSARI, Punaji; PRAHERDIONO, Henry. Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2019, 2.2: 115-120.

Pribadi, Benny A. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Qonita, M. S. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V”.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23611/21586. Jurnal PGSD. Volume 6 Nomor 4. Diakses pada Kamis, 4 November 2020 pukul 21:57

Rochimah, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SD Sumberagung Peterongan Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rumampuk, M. H. R. J., & Darmawan, A. (2014). Teknik Modern Spektroskopi NMR: Teori dan Aplikasi dalam Elusidasi Struktur Molekul Organik.

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Sadiman, Arif. 2009. Media Pendidikan. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, S. Arif, dkk. 2002. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair .A.H. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakart: Kaukaba.

Sanjaya, W. 2009. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencana.

Singer, Kurt,(1987). Membina Hasrat Belajar di Sekolah, Bandung: Remaja Karya

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Utami, D. (2007). Animasi dalam Pembelajaran. Makassar:Andi Cipta

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.12437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)