PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS III SEMESTER 1 SDN 1 KALIOMBO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ARIN NI'AMAH KHOLIDAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Audio Visual. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan   subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN 1 Kaliombo Jepara yang berjumlah  21 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan nilai Pengetahuan dengan instrument penelitian sesuai aspek yang dinilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, dikarenakan dengan model dan berbantuan media peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah: a. Memberikan orientasi tentang permasalahan pada peserta didik b. Mengorganisasikan peserta didik untuk meneliti c. Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata rata peserta didik pada siklus I sebesar 68,57, pada siklus II sebesar 74,28, dan pada siklus III 86,19.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i2.13299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)