PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 1 SD LABSCHOOL UNNES SEMARANG
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar siswa rendah terbukti dengan prosentase siswa tidak tuntas pada hasil pra siklus mencapai 62%, model pembelajaran yang diterapkan guru masih konvensional dan hanya berbantu media power point sederhana. Dari latar belakang tersebut, disusun rumusan masalah yaitu “Bagaimana perubahan perilaku pada proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Power Point Canva pada Tema 1 Kelas V SD Labschool Unnes Semarang ?” “Bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 1 Kelas V SD Labschool Unnes Semarang?” “Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran pasca daring setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Power Point Canva pada Tema 1 Kelas V SD Labschool Unnes Semarang ?” Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Power Point Canva sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Labschool Unnes Semarang tahun ajaran 2022/2023 sejumlah 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas V, guru kelas, dan data dokumen. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes melalui pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan (observasi). Pada penelitian ini dengan model Problem Based Learning berbantu media Canva berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i2.13374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)