PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 1 HIDUP RUKUN KELAS II SD NEGERI 2 JEKETRO TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN 2 Jeketro pada pembelajaran Tema 1 Hidup Rukun melalui penerapan Model Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah semua siswa kelasII SD Negeri 2 Jeketro. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus I yaitu 56,53% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan persentase hasil belajar siswa mencapai 82,61% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa, kemudian dilanjutkan ke siklus III dengan hasil belajar mencapai 100% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tereapai sedangkan pada siklus II dan III hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based LearningFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i2.13379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)