PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA PETA BUTA DAN GAMBAR TEMPEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 1

Steffi Gladys Mataya Putri

Abstract


Abstrak

Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Media Peta Buta Dan Gambar Tempel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Tema 1 Peserta Didik Kelas  V Sdn 2 Rengging Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menerapkan model pembelajaran Discovery learning berbant u media peta buta dan gambar tempel.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketercapaian ketuntasan hasil belajar. Pada siklus I persentase ketuntasan adalah 44% dengan nilai rata-rata peserta didik dalam satu kelas adalah 66,00 kemudian pada siklus II persentase ketuntasan  menjadi 72 %  dengan nilai rata-rata peserta didik dalam satu kelas adalah 72,80  kemudian pada siklus III hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dari dua siklus sebelumnya. Persentase ketuntasan pada siklus III mencapai 88 % dengan nilai rata-rata peserta didik dalam satu kelas adalah 76,80.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i2.13396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)