UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 1 SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SEMESTER 1 SDN 2 NGAWEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kelas VI SDN 2 Ngawen Kabupaten Blora pada tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup. Untuk merealisasi usaha tersebut, peneliti melakukan perbaikan sampai dengan 3 siklus, yang terdiri dari 5 komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan tindakan lanjut. Setiap pelaksanaan tindakan peneliti melakukan berbagai langkah sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran. Metode pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 29% menjadi 61% pada siklus 1, meningkat menjadi 74% pada siklus 2, dan meningkat menjadi 87% pada siklus 3. Rata-rata hasil belajar kelas meningkat dari 47,74 menjadi 64,19 pada siklus 1, meningkat menjadi 73,55 pada siklus 2, dan meningkat menjadi 80 pada siklus 3. Tingkat keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu 64%, siklus 2 meningkat menjadi 78%, dan siklus 3 meningkat menjadi 82%. Maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI semester I SDN 2 Ngawen Blora Tahun Pelajaran 2022/2023.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i2.13406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)