PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MUATAN PPKN TEMA 1 HIDUP RUKUN MELALUI MODEL PBL KELAS II SDN 3 SOJOMERTO KENDAL
Abstract
Hasil identifikasi menunjukkan hasil belajar kognitif peserta didik rendah khususnya pada muatan PPKn dikarenakan penggunaan model pembelajaran oleh guru kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik muatan PPKn Tema 1 Hidup Rukun. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek peserta diik kelas II SDN 3 Sojomerto Kendal berjumlah 30 peserta didik. Tes hasil belajar kognitif peserta didik dan lembar observasi pembelajaran merupakan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang telah terkumpul diolah dengan teknik analisis data kualitataif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik muatan PPKn tema 1 Hidup Rukun kelas II siklus I sebesar 65,71, siklus II meningkat menjadi 73,81, dan siklus III meningkat lagi menjadi 81,43. Presentase jumlah peserta didik yang tuntas KKM yaitu pada 56,67% pada siklus I, meningkat menjadi 70% pada siklus II, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 90%. Meningkatnya hasil belajar kognitif peserta didik muatan PPKn berbanding lurus dengan kualitas proses pembelajaran.yang juga mengalami peningkatan. Proses pembelajaran pada siklus I mendapat nilai 76,00 dengan kategori baik, kemudian meningkat menjadi 86,00 pada siklus II dengan kategori sangat baik, terakhir meningkat menjadi 94,67 dengan kategori sangat baik pada siklus III. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik muatan PPKn tema 1 Hidup Rukun kelas II SDN 3 Sojomerto Kendal dapat meningkat dengan menerapkan model PBL.
Kata Kunci: peningkatan, hasil belajar kognitif, model Problem Based Learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i2.13463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)