Keefektifan Model Pembelajaran SFAE Berbantu Media Pengelompokan Gambar pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Materi Sumber Daya Alam

Martiya Zulfa Risty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Student Facilitator And Explaining berbantu media pengga terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 01 Peguyangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design dengan menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian.  Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors, uji homogenitas, uji T dan Uji N-Gain. Berdasarkan perhitungan uji T diperoleh t-hitung>t-tabel yaitu 2,342 ≥ 2,000, maka Hipotesis dapat diterima dan Penghitungan N-Gain diperoleh 0,81 artinya peningkatan hasil belajar siswa meningkat dalam kategori tinggi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantu media pengga efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 01 Peguyangan.

Kata kunci : Student Facilitator And Explaining, Pengelompokan Gambar ,dan Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2013. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas, (2005) . UU No.14. Guru dan dosen. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, (2005). UU No.19. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, (2013). UU No.20.Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, BSNP. 2016. Jakarta: Depdiknas.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Helli Ihsan. Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Maidar, E.2018. Penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri kebutuhan makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN No.031/XI Kampung dalam tahun 2016/2017.Jurnal Ilmiah.Universitas Batanghari Jambi.vol.18 no.2.

Sudji Munadi. (2011). Analisis Validasi Kualitas Soal Tes Hasil Belajar Pada Pelaksanaan Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2011, Th. XXX, No. 1

Sugiyono,S. (2017) .Metode penelitian Kuantitatif.Bandung:Alfabeta.

Sugiyono,S. (2018). Metode penelitian Kuantitatif.Bandung:Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.13674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)