PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTA PADANG

Sintia Pratama Enisa, Remiswal Remiswal, Abdul Basit

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri 34 Air Pacah. Pendidik yang masih menggunakan model pembelajaran ekspository, dimana pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Pendidik kurangn variatif dalam menggunakan  model pembelajaran sehingga seperta didik menjadi pasif dalam pembelajaran, hasil belajar yang diteliti yaitu hasil belajar kognitif pesert didik.Tujuan penelitian ini secara khusus untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajarar kognitif kelas eksperimen, kelas kontrol dan perbedaan hasil belajar kognitif  yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran ekspository pada pembelajaran IPS kelas V di SDN 34 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah  eksperimen semu (Quasy Exsperimen). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Porposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah V B dan kelas kontrol adalah V A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 28.Hasil penelitian dari perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung (5,414)  >  ttabel (2,022) dan nilai sig (0,000) < 0,005. Nilai thitung > ttabel atau sig < 0,05 sehingga Ha diterima H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapatnya perbedaan penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 34 Air Pacah. Dimana dengan mengunakan model pembelajaaran Reciprocal Teaching hasil belajar peserta didik lebih baik dibandingkan model pembelajaran ekspository.


Full Text:

PDF PDF

References


Al-Magribi, A. M. (1974). Tafsir Al-Maragi 14. Semarang: Karya Toha Putra Semarang.

Arikunto, S. (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta.

Eva. (2014). Peningkatan Hasil belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa kELAS X Teknik Gambar Baagunan Untuk Mta Diklat Ilmu Bangunan Gedung di SMK Negeri 5 Surabaya, Jurnal Kajian Teknik Bngunan,Vo. 3, No. 1.

Hadjar, Ibnu. (1996). Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Kuantitaif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamka. (2010). Tafsir Al Azhar : juz XXVII, (Jakarta: PT Kipas Putih Aksara.

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Method). Kuningan: Hidayatul Quran.

Hidayanti, Hidayanti, Achmadi Achmadi, and Warneri Warneri. "Faktor Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat di SMA." PhD diss.,Tanjungpura University.

Hidayat, Aziz Alimul. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.

Hidayat, Ujang S. (2020). Model-model Pembelajaran Efektif. Sukabumi : Yayasan Budi Mulia.

Istarani dan Muhammad Ridwan. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Kholia, Urwati, Nevi Ernita, and Yahdi Yahdi. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton Kelas X di MA Darul Muhajirin Praya."Journal of Natural Science and Integration 2, no. 2.

Majid, Abdul. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mansyur, Hasan. (1998). Konsep Dasar Ips. Departemen Agama RI: Program Sertifikasi D-II Guru Madrassah Ibtidaiyah. Jawa Barat : Edu Publisherh. 46.

Maolani, Rukaesih A. & Ucu Cahyana. (2015). “Metodologi Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muflihah, Ai. (2021). “Meningkatkat Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pembelajaran Mtematika ”. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol, 2 No, 1.

Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di v Sekolah. UIN: Maliki Press.

Murisal. (2017). Psikologi Pendidikan Aplikasinya dalam Pembeljaaran, ( Padang : Imam Bonjol Press.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkholik. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik ( Ditinjau dari Media Komputer dan Motivasi).

Octavia, Shilphy A. (2020), Model- model Pembelajaran. Sleman : Deepublish.

Prastowo, Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rachmayani, Dwi. (2014). “Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Pendidikan Unsika. Vol.2 No.1.

Rosardi, Raras Gistha dan Supardi. (2021). Perencaan Pembelajaran IPS Integratif. Sumatra Barat: CV Insan Cendekia Mandiri.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persaja.

S, Sagala. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Satriana, Deni. (2022). Pendidik Kelas V C SDN 34 Air Pacah. Wawancara langsung.

Seymour, Jennifer R. dkk. (2003). Reciprocal Teaching Procedures and Principles: Two Teachers Devaloping Understanding, Journal Teaching and Teacher Edukation, 19.

Shihab, M. Quraish. (2009). Tafsir Al Misbah Volume 13. Jakarta: Lentera Hati.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pemelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Reneka Cipta.

Somantri, Muhammad Numan. (2001). MenggagasPembaharuan Pendidikan Ips. Bandung: Program Pascasarjana –UPI Dan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-UPI.

Suarga, Suarga. 1 (2017). “Kerangka Dasar dan Landasan Pengembangan Kurikulum.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 6, no.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo persadah.

Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiono, dkk. (2020). Uji Validitas dan Reliabelitas Alat Ukur SG Posture Evaluation, Jurnal Keterapian Fisik, Vo. 5, No. 1.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Premedia Group.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.

Vioreza, Niken. Dkk. (2019) Model dan Metode Pembelajaran. Surabaya: CV. Jakad Media Persada.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.14807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)