ANALISIS PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD BEJIREJO KUNDURAN

Rina Puji Astuti

Abstract


Latar belakang  yang mendorong penelitian ini ialah  adanya perubahan kurikulum dari kemendikbudristek dikarnakan adanya pandemi yang cukup lama membuat tingkat pendidikan menurun.. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses penerapan P5 pada siswa di kelas IV SD N Bejirejo Kunduran?, 2) Mengetahui kendala penerapan Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD N Bejirejo Kunduran?, 3) Mengetahui hasil penerapan Projek Penguatan Profil Pemuda Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD N Bejirejo Kunduran?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, hasil, dan kendala dalam penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara,  dokumentasi, dan angket. Kemudian menggunakan teknik tringualisasi sumber data yaitu Kepala Sekolah, Guru kelas I dan IV , dan Siswa kelas I dan IV dengan jumlah 33 siswa , selanjutnya tringualisasi waktu yang dilaksanan pada siang hari di lokasi SD N Bejirejo Kunduran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di kelas IV SD Bejirejo Kunduran sudah cukup baik. Guru-guru telah menerapkan kurikulum merdeka dengan beberapa tema yaitu Kewirausahaan, Gaya hidup berkelanjutan, dan Outing Class. Proyek yang dilakukan siswa juga sudah mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan baik

Kata kunci: terdiri dari 3-5 kata kunci


Full Text:

PDF

References


Anindito Aditomo, Ph.D (2022). Buku Panduan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Yogyakarta: Komunitas belajar guru nusantara.

Hasan, M., Harahap, T. K., Sos, S., Inanna, M. S. D., & others. (2013). Landasan pendidikan. Penerbit Tahta Media Group.

Kemendikbud Ristek. (2021a). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Nugraheni Rachmawati & Nuraisiah. (2022), Projek penguatan Profil Pancasila dalam Implemantasi KurikulumPrototipe disekolah penggerak jenjang Sekolah Dsar, jurnal Basicedu, hal.3614-3625

Stiawan, D. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru 1-6.

Sugiono. 2016. MetodePenelitian Pendidi-kan. Bandung: Alfabeta, hal: 152




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.15346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)