Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Penyelesaian Soal Cerita Materi Pecahan Kelas V di SDN 2 Blingoh Donorojo Jepara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika pada penyelesaian soal cerita materi pecahan kelas V di SDN 2 Blingoh Donorojo Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah SDN 2 Blingoh Donorojo Jepara. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis siswa, wawancara siswa, wawancara guru, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan dari 8 siswa yang diteliti, kemampuan literasi matematika pada materi pecahan siswa kelas V SDN 2 Blingoh dalam kriteria sedang yaitu sebesar 72 persen. Kemampuan siswa pada setiap indikator literasi matematis meliputi: (1) Kemampuan memformulasikan masalah secara matematis yaitu sebesar 77 persen; (2) Kemampuan menggunakan fakta, konsep, prosedur, dan penalaran matematika yaitu sebesar 56 persen; (3) Kemampuan menginterpretasikan, menyimpulkan, dan merefleksi hasil matematika yaitu sebesar 48 persen. Guru disarankan untuk lebih sering melatih siswa dengan memberikan soal-soal yang mengarah kemampuan literasi matematika dan meningkatkan level soal matematika yang akan diberikan kepada siswa. Penanaman konsep operasi hitung pecahan juga perlu ditekankan lagi kepada siswa agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan tepat.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Soal Cerita, Pecahan
Full Text:
PDFReferences
Fikriyah, S., Linguistika, Y., & Roebyanto, G.2022. Analisis Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1093-1109.
Indah, N., dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pelajaran, 4(2): 198-210.
Putra, Y. Y., & Vebrian, R. 2019. Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Warni, A. P.2020. Analisis Literasi matematika dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan siswa kelas V SDN Darungan 01 Lumajang (Doct oral dissertation).
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.16117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)