ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN POLYA PADA KELAS IV SDN SUMBERARUM

Mita Retna Sari

Abstract


Tujuan penulisan skripsi ini adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana peneliti akan menggambarkan, menguraikan dan menjelaskan data yang sudah di dapat. Berdasarkan hasil penelitian dengan melakukan observasi dikelas, wawancara wali kelas, tes tertulis untuk siswa, serta angket/kuesioner yang di peruntukkan untuk siswa. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah SDN Sumberarum. Hasil penelitian ini menunjukan dari 12 siswa yang diteliti, pada proses pembelajaran matematika termasuk kategori baik dan diperoleh hasil persentase pada setiap aspek penalaran yaitu memahami pengertian sebesar 78,33% termasuk kategori sangat tinggi, berpikir logis sebesar 80,83% termasuk kategori sangat tinggi, memahami contoh negatif sebesar 75,83% termasuk kategori tinggi, berpikir deduksi sebesar 83,33% termasuk kategori sangat tinggi, berpikir sistematis sebesar 87,5% termasuk kategori sangat tinggi, berpikir konsisten 68,33% termasuk kategori tinggi, menarik kesimpulan sebesar 73,33% termasuk kategori tinggi, menentukan metode sebesar 74,16% termasuk kategori tinggi, membuat alasan sebesar 68,33% termasuk kategori tinggi, dan menentukan strategi sebesar 70% termasuk kategori tinggi. Sedangkan hasil tes penalaran matematis siswa diklasifikasikan menjadi tiga yakni tinggi, sedang, dan rendah. iperoleh hasil yaitu siswa dengan kemampuan tinggi sebesar 50%, siswa dengan kemampuan sedang sebesar 41,66%, dan siswa dengan kemampuan rendah sebesar 8,33%.Kata Kunci : penalaran matematis, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aspriyani, R. 2017. Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPMM 10(1): 17-23.

Cahyadi, F., Asrofiyah, R. & Rahmawati, I. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya Materi Volume kelas V SD Negeri 1 Rajekwesi Jepara. Wawasan Pendidikan. 2(1). 49-60.

Fuadi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal. Didaktik Matematika. Vol 3 No 1.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Penerbit: Refika Aditama. Bandung.

Isnaeni. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal.Journal of Medives.Vol 2 No 1.

Kurniawan, Yunda. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Drill.Jurnal.Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika.Vol 2 No 1.

Ratnasari, Septi. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII Di Tinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Setting Pembelajaran Probing Prompting. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Roebyanto, G., & Harmini , S. (2017). Pemecahan masalah matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sumartini, T.S (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5 No. 1

Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yurniwati, Y., & Handayani, R. (2019). Pengaruh Metode Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Matematis Ditinjau dari Konsep Diri pada Siswa SD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 27-39.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.16120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)