IMPLEMENTASI KULTUR SEKOLAH RELIGIUS PADA SISWA KELAS VI MI AL-ANWAR NANGSRI BANTUL

Syaiful Akhmad Fauzan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana implementasi budaya sekolah religius terhadap siswa kelas VI di MI Al-Anwar Nangsri Bantul.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru kelas VI, guru PAI dan siswa. Teknik analisis data menggunakan model Miles and huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kultur sekolah religius pada siswa kelas VI di MI Al-Anwar Bantul dapat dilihat dari empat aspek indikator yaitu penguatan lingkungan yang meliputi kegiatan pembiasaan rutin  pembacaan asmaul husna setiap pagi hari, sholat dhuha berjamaah sesuai dengan jadwal perkelas, sholat dzuhur berjamaah setiap hari kecuali hari Jum’at, tadarus Al-Qur’an tiap hari, dan hafalan surat pendek pada saat jam agama. Untuk lingkungan sekolah sendiri sudah mendukung untuk pelaksanaan kegiatan pembiasaan yang dilakukan. Indikator yang kedua dalam implementasi pelaksanaan kultur sekolah religius pada aspek keteladan di MI Al-Anwar Nangsri Bantul sudah terdapat kegiatan pembiasaan yang sudah terprogram di sekolah, seluruh warga sekolah di lingkungan MI Al-Anwar Nangsri Bantul sudah memberikan teladan atau contoh yang baik kepada siswanya. Indikator yang ketiga di penguatan (reward), implementasinya guru dan karyawan sekolah di lingkungan MI Al-Anwar Nangsri Bantul sudah memberikan reward yang baik kepada siswanya. Dan di indikator pelemahan (hukuman) seluruh bapak dan ibu guru di sekolah sudah memberikan pelemahan yang yang baik bagi siswa

 

Kata Kunci: Implementasi Kultur Religius, Kultur Sekolah Religius.


Full Text:

PDF

References


Bitalsalri, W. (2022). Implementalsi Pendidikaln Kalralkter Melallui Budalyal Sekolalh. LITERALSIAL: Jurnall Ilmu Pendidikaln daln Kegurualn, 24-41.

Calhyalningrum, D. (2022). Implementalsi Pendidikaln Kalralkter Religius Siswal Sekolalh Dalsalr Muhalmmaldiyalh Kalralngkaljen II Yogyalkalrtal di Malsal Palndemi Covid-19. Jurnall Pendidikaln Kalralkter, 70.

Chaliralni, M. (2021) Implementalsi Pendidikaln Kalralkter Religius Daln Disiplin Melallui Budalyal Sekolalh Di Min 2 Lalmpung Selaltaln. Skripsi. Lalmpung: UIN Ralden Intaln

Dewi, AL. K. T., Degeng, I. N. S., & Haldi, S. (2019). Implementalsi Pendidikaln Nilali Kalralkter di Sekolalh Dalsalr Melallui Budalyal Sekolalh. Jurnall Pendidikaln: Teori, Penelitialn, daln Pengembalngaln, 4(2), 247

Halmballi, M. (2018). Ekstralkurikuler Kealgalmalaln Terhaldalp Pembentukaln Kalralkter Religius Pesertal Didik di Kotal Maljalpalhit . Jurnall Pedalgogik, 201.

Indalrti. (2018). Implementalsi Pendidikaln Kalralkter Religius Melallui Budalyal Sekolalh Di SD IT Jalball Nur Galmping.

Kementerialn Pendidikaln daln Kebudalyalaln.Konsep daln Pedomaln: Pengualtaln Pendidikaln Kalralkter. Jalkalrtal: Kementerialn Pendidikaln daln Kebudalyalaln. 2017.

Su’aldalh, U. S. (2021). Pendidikaln Kalralkter Religius: Straltegi Tepalt Pendidikaln ALgalmal Islalm dengaln Optimallisalsi Malsjid. Jalwal Timur: CV. Globall ALksalral Pres.

Septialnti, N. (2020). Pentingnyal Memalhalmi Kalralkteristik Siswal Sekolalh Dalsalr di SD N Cikokol 2. Jurnall Pendidikaln Islalm ALnalk Usial Dini, 13-14.

Setialwaln, AL. (2014). Prinsip Pendidikaln Kalralkter Dallalm Islalm: Studi Kompalralsi Pemikiraln ALl-Ghalzalli daln Burhalnuddin ALl-Zalrnuji. Jurnall Dinalmikal Ilmu, 3-4.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.16629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)