PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TATA SURYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KAHOOT SISWA KELAS VI SDN 9 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep tata surya melalui media pembelajaran aplikasi Kahoot pada siswa kelas VI SDN 9 Boyolali 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas VI SDN 9 Boyolali 2021/2022yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan validitas isi, trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.Data yang diperoleh penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman konsep materi tata surya pada setiap siklus. Data dari hasil pratindakan yaitu sedikit yang tuntas KKM, Pada Siklus I rerata kelas terjadi peningkatan menjadi 82,76 dengan ketuntasan klasikal 79 %, dan di siklus II rerata kelas meningkat lagi menjadi 85,5 dengan ketuntasan klasikal 95 %. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Kahootdapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep tata surya pada siswa kelas VI SDN 9 Boyolali 2021/2022.
Kata Kunci: kemampuan pemahaman konsep, tata surya, aplikasi Kahoot
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Basrowi & Suwandi. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wedyawati, N. 2018. Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap HAsil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 9, No 1, ISSN 2086-4450. https://jurnal.stkipsintang.ac.id/indek.php/voxedukasi
Winkel. 2012. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)