PENGEMBANGAN MEDIA POHON KATA DENGAN MATERI KOSAKATA BAHASA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Galuh Ayu Ikhsana Dewi, Suyitno Suyitno, Ari Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengembangan Media Pohon Kata dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dan untuk mengatahui kelayakan Media Pohon Kata dengan materi kosakata bahasa untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan produk media Pohon Kata materi kosakata bahasa baku, tidak baku, dan kata serapan kelas V sekolah dasar. Untuk menguji media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 95% oleh ahli media dan memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 98,82% oleh ahli materi. Pada uji lapangan dengan melihat angket respon siswa dan angket respon guru, memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 94, 8% dari tanggapan siswa dan memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 98,66% dari tanggapan guru dalam media pembelajaran. Kesimpulan produk media Pohon Kata yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi kosakata baku, tidak baku dan kata serapan.


Kata Kunci: Pengembangan, Media Pohon Kata, Koskata



Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 98-107.

Akbar, M. P. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, M. (2014). MEDIA PEMBELAJARAN. Jakarta: PT RAJADRAFINDO PERSADA.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).

Ega Rima, S. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Hariati, R. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Pohon Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Babul Ilmi Jl. Kp. Baru No. 24 Rantauprapat Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Isnan, S. (2022). Buku Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Untuk Kelas V SD/MI. Karanganyar: CV Pustaka persada.

Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2017). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88-101.

Ningrum, V. (2020). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku di Kalangan Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta. Jurnal Skripta, 22-27.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Noge, M. D., Meo, M., Ngura, E. T., & Bakti, C. (2019). Pengembangan Media Pohon Angka untuk Aspek Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKK Negeri Bunga Bangsa Tude Kecamatan Jerebuu Kabupaten Ngada. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 5(2).

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sanaky, D. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.

Saryono, M. P. (2020). Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia KOSAKATA. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 44-51.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukmadinata, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, M. A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. (P. Latifah, Ed.) Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Wahyuni, P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Jawa Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(5), 431-441.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)