ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERKALIAN PADA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN ANGKATAN LOR 03 KABUPATEN PATI

Dewi Widya Wati, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah (1) ada siswa yang kesulitan dalam mata pelajaran perkalian, (2) ada siswa yang tidak bisa mengerjakan perkalian, (3) ada siswa yang tidak senang dengan pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis media papan pekalian pada materi perkalian kelas II SDN Angkatan Lor 03 Kabupaten Pati dan untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan media papan perkalian pada materi perkalian kelas II SDN Angkatan Lor 03 Kabupaten Pati . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi,angket,wawancara dan dokumentasi dengan siswa kelas II SDN Angkatan Lor 03 Kabupaten Pati yang berjumlah 27 siswa, Dapat dijelaskan bahwa media papan perkalian mampu meningkatkan belajar siswa dengan hasil presentase pada angket mencapai 85,19% dengan jumlah peserta didik 23 anak mencapai kriteria sangat baik, 11,11% dengan jumlah peserta didik 3 anak mencapai kriteria baik dan 3,70% dengan jumlah peserta didik 1 anak.

Kata Kunci: 1 atau lebih kata atau frase yang penting, spesifik, atau representatif bagi artikel ini



Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Cipta

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Hiebert, J & Carpenter, T. P. 1992. Learning & Teaching with Understanding. Dalam D. A. Graws (Eds). Handsbook of Research on Mathematics Teaching & Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.

Ika R.S. 2016. Pengelolaan Kelas Guru Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol.2 No.3.

KBBI. Minat Belajar. https://kbbi.web.id//ajar. Di akses pada 11 Maret 2020.

Miles, M.B., Huberman. 1986. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook.United State Of Amerika: SAGE Publication.

Sadiman, A.S. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.

Siegler, dkk. 2006. How Children Development. New York: Word Publishers.

Sudjana,N. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo

Susanto. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Sundayana. 2018. Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta

Swan & Marshal. 2010. Revisiting Mathematics Manipulative Materials. Jurnal Gale, (Online), 15 (2): 13-19 (http://infotrac.galegroup.com/itweb)




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)