PENGEMBANGAN MEDIA PAKEBU (PAPAN KEANEKARAGAMAN BUDAYA) MATERI IPS KELAS IV SD 03 PENADARAN GUBUG

Maria Dwi Septiana, Riris Setyo Sundari, Henry Januar Saputra

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS, hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan model pembelajaran.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media PAKEBU materi Keanekaragaman Budaya untuk kelas IV SD dan bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan media PAKEBU sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPS materi Keanekaragaman Budaya di SD. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media PAKEBU sebagai media pada pelajaran IPS materi Keanekaragaman Budaya pada siswa kelas IV SD dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan media PAKEBU sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPS materi Keanekaragaman Budaya kelas IV SD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Penadaran 03 Gubug. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas IV. Semua anggota digunakan sebagai sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengisian angket, dokumentasi, observasi. Media pakebu mendapatkan nilai 94% dari ahli media Rofian, S.Pd., M.Pd, dan 95% dari ahli materi Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd. Hasil penelitian pemahaman siswa terhadap materi keanekaragaman budaya dengan menerapkan media pekebu memperoleh nilai 95%, respon guru SD N Penadaran 03 Gubug terhadap media pembelajaran pakebu mendapatkan nilai 97,5%. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disimpulkan adalah supaya media pembelajaran pakebu dapat digunakan sebagai media belajar yang mampu membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran agar pembelajaran lebih bervariasi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kongkrit, Papan Keanekaragaman Budaya

Full Text:

PDF

References


Setiawati, Tanti, Oyon Haki Pranata, and Momoh Halimah. "Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar." PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6.1 (2019): 163-174.

Riskiani, Made Ayu Diah Permata, and I. Gusti Agung Ayu Wulandari. "Pengembangan Media Permainan Papan Monopoli Berbasis Karakter Peduli Sosial Pada Muatan Materi IPS." Jurnal Pendidikan Dasar 13.01 (2022): 42-61.

Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran Monokebu pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076-5085.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Septi, Nurfadillah, M.Pd dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ( 2021) Pengertian Media Pembelajaran, Landasan Teori.Universitas Muhammadiyah Tangerang

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)