PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM PENDEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS 5 TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI SD NEGERI KARANGWAGE 01

Muhammad Fa’iz Annur, Riris Setyo Sundari, Fajar Cahyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media film pendek berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik muatan IPA Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia pada siswa kelas V SD Negeri Karangwage 01. Jenis peneltian yang digunakan adalah R&D (Research & Development) dari tahapan penelitian pengembangan model Hannafin & Peck (Penilaian Kebutuhan, Desain & Pengembangan dan Impelementasi). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli materi, data ahli media, angket tanggapan guru dan angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan produk media pembelajaran film pendek berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik muatan IPA Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia pada siswa kelas V SD Negeri Karangwage 01. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran film pendek dibuktikan dengan hasil validasi ahli media sebesar 91,67% dan ahli materi sebesar 88,46%. Diperoleh hasil persentase dari angket guru sebesar 95% dan angket siswa sebesar 100%. Kesimpulan media pembelajaran film pendek pada materi tematik muatan IPA Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Pembelajaran 1 di kelas V SD yang dikembangkan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, Media Pembelajaran, Film Pendek, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Alfathoni, M.A.M., dkk. 2020. Pengantar Teori Film. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka

Hasan, M., dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup.

Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Repunlik Indonesia. 2011. Kearifan Lokal di Tengah Modernisasi. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan.

Kristanto, W. (2018). Pengembangan Film Pendek Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 175–189. https://doi.org/10.21009//jpud.121.15

Masdudin, Ivan. 2011. Mengenal Dunia Film. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan.

Nugroho, Sarwo. 2021. Teknik Kreatif Produksi Film. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Juhadi, Abdul Muis, & Sriyanto. 2018. Kearifan Lokal Dalam Mitigasi Bencana. Semarang: Fastindo.

Pudjawan, S. P. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Film Pendek Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Agama Hindu Kelas V Di Sd Negeri 4 Banyuning Tahun Pelajaran 2017 / 2018 Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. 6, 257–267

Saputro, B. 2017. Manajemen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Saptomo, A. 2014. Budaya Hukum & Kearifan Lokal. Jakarta: FHUP Press.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Bandung: Alfabeta.

________, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supatminingsih, T., Hasan, M., & Sudirman. 2020. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indoneisia.

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana prima.

Tarbiyah, A., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2022). Pengembangan Media Layanan Informasi Berbasis Film Pendek Tentang Tentang Dampak game Online.

Tegeh, I Made.dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wati, Ega R. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Wiyani, Novan A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)