KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP KESATRIAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Indah Yuniarti, Agus Wismanto, Azzah Nayla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Desain penelitian ini adalah eksperimen murni (true experimental) dengan model randomized posttest only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas data, dan uji hipotesis menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data pada penelitian ini disajikan dalam bentuk deskripsi kuantitatif. Setelah data dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif, kemudian dilakukan interpretasi hasil tes statistik. Hasil hitung uji hipotesis kelas eksperimen memperoleh nilai 0,003 < 0,05 dengan taraf nyata (α) 5%, sehingga Ha diterima dan menunjukkan bahwa metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil nontes menunjukkan bahwa peserta didik antusias, aktif, dan bertanggungjawab selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Team Games Tournament, Keefektifan, Teks Berita

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Nuryadi, Tutut Dwi Astuti, Endang Sri Utami, & M. Budiantara. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.

Nuzul Rakhmadani, Sri Yatminah, S. B. U. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Team GamesTournament Berbantuan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2.

Slavin, R. E. (2020). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Penerbit Nusa Media.

Suci Noor Anisa Putri Rahayudianti, Andoyo Sastromiharjo, Y. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Think, Pair, and Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 3 (1).

Sudarman, P. (2008). Menulis di Media Massa. Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Penerbit Angkasa.

Simpol, N.S.H., Shahrill, M., Li, H.C., & Prahmana, R.C.I. (2017). Implementing thinking aloud pair and Pólya problem solving strategies in fractions. Journal of Physics Conference Series, 943(1), 012013.

Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)