PENGEMBANGAN ASSESSMENT AWAL IPA SD BERBASIS STEM MATERI PERILAKU HIDUP SEHAT PADA SISWA FASE A

Nurul Febri Monika, Siti Patonah, Sukamto Sukamto

Abstract


Pentingnya assessment awal sebelum merancang pembelajaran merupakan ciri dari kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan assessment awal untuk mengetahui kesiapan siswa fase A mengikuti mata pelajaran IPA berbasis STEM pada materi perilaku hidup sehat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R&D ) dengan model pengembangan ADDIE yang tahapannya dibagi menjadi lima yaitu Menganalisis (Analyze), Merancang(Design), Mengembangkan(Development), Mengimplementasikan (Implementation), Mengevaluasi(Evaluation) dengan jumlah responden 104 siswa yang terdiri dari 47 siswa laki – laki dan 57 siswa perempuan. Teknik analisis validasi dan reliabilitas butir soal menggunakan Indeks Aiken dan Rasch Model dengan menggunakan software Winstep 3.73. Hasil penelitian berdasarkan analisis Rasch Model, nilai Measure (-2,89 s.d. 2,74), nilai Model SE (0,26 s.d. 1,02) nilai Outfit MNSQ (0,28 s.d. 6,00), nilai Outfit ZSTD (-1,5 s.d. 2,2) , nilai Pt Mean Core (0,02 s.d. 0,57), reliabilitas item dan person (0,88 dan 0,26) Cronbach Alpha (0,72) Sehingga, butir soal valid dan dapat digunakan sebagai assessment awal mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Assessment awal , STEM, IPA di SD.

Full Text:

PDF

References


Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen the Use of Rasch Model for Analyzing Test. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50.

Dita amalia, Bambang Suprianto, S. A. (2019). Pengembangan instrumen penilaian kreativitas siswa melalui analisis rasch model di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Ina, M. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KECERDASANLOGIKA MATEMATIKA UNTUK ANAKSEKOLAH DASARDI KELAS RENDAH. Masaliq Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3, 86–93.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Muzayyanah, A. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) KELAS IV SEKOLAH DASAR DEVELOPMENT. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 81. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.1712

Nebulla, B. (2021). PENGEMBANGAN SOAL-SOAL BERBASIS HOTS DI PONDOK PESANTREN ATTAMIMY BRANGSAK PRAYA. Prosiding PEPADU 2021, 3(April 2019), 12– 26.

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat PembelajaranNingrum, A. S. (2022) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar ). Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186

Nurhaifa, I., Hamdu, G., & Suryana, Y. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Rubrik Penilaian Kinerja pada Pembelajaran STEM Berbasis Keterampilan 4C. © 2020-Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 101–110.

Patonah, S., Nuvitalia, D., Saptaningrum, E., & Wuryandini, E. (2020). Inquiry Learning Tools to Train Science Process Skills at The Junior High School Level. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1812–1818. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1812-1818

Patonah, S., Rahardjo, S. B., Cari, & Sajidan. (2020). Developing critical thinking skills assessment for pre-service elementary school teacher about the basic concept of science: Validity and reliability. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022064

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915.

Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/104

Setemen, K. (2018). Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)