ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGARI 2 GUNUNG SARI KABUPATAN REMBANG
Abstract
Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia. Di Indonesia ini sudah beberapa kali mengalami perubahan kurikulum. Dari perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia menyebabkan guru-guru atau tenaga pendidik harus memahami dan belajar kembali mengenai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di Kurikulum Merdeka yang sesuai dengan kebijakan yang diatur oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 2 Gunung Sari Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tahapan wawancara di kelas 1,2,4 dan 5 dan wawancara dengan orang tua siswa, Pengisisan angket guru kelas 1,2,4 dan 5 dan observasi dikelas 1 dengan 4. Hasil penelitian ini adalah perencanaan dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka dilaksanakan di kelas 1,2,4 dan 5. Dari hasil perencanaan yang dilaksanakan dikelas 1,2,4 dan sudah baik guru sudah membuat perangkat yang digunakan untuk mengajar. Hasil Observasi perencanaan di kelas 1 dan 4 guru sudah membuat perangkat pembelajaran yang akan digunakan. Kemudian hasil pelaksanaan di kelas 1,2,4 dan 5, hasil wawancara pelaksanaan pembelajaran di kelas 1,2,4 dan 5 sudah baik pembelajaran dilaksanakan dengan suasana yang interaktif. Hasil Observasi di kelas 1 dan 4 tentang pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan Kurikulum Merdeka masih kurung karena dalam pelaksanaanya masih belum menggunakan teknologi informasi seperti laptop, lcd dan Powerpoin.
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin , J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar . Jurnal Ilmiah Kontekstual , 68.
Aprima , D., & Sari , S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Cendekia, 95.
Arisyanto , P., Sundari , R. S., & Untari, M. F. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikulikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni , 2.
Baidhowi, A. (2020). Inovasi Pembelajaran Seni Pada Era Merdeka Belajar . Reorientasi Dan Implementasi Keilmuan Seni Rupa dan Desain dalam Konteks Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka(MBKM), 189.
Dolong , H. J. (2016). Teknik Analisis Dalam Komponen Pembelajaran . Oemar Hamalik , 295.
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjanah Universitas Negeri Gorontalo , 69.
Jannati , P., Ramadhan , F. A., & Rohimawan , M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 332.
Kemendikbud. (2022). Buku Saku Penyusunan Perangkat Ajar . Kemendikbud .
Kemendikbud. (2022). Peraturan Mentri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pada Pendidikan. Mentri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia .
Kurniawan , W. E., Rahayu, S., & Sundjoto. (2023). Analisis Segmentasi Usia Donatur Terhadap Peminatan Donasi Di Human Initative. Jurnal Manajemen Dewantara, 81.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka . Jurnal Tarbawi , 135.
Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia : Studi Krisis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal . Raudhah , 49.
Priantini, D. A., Suarni , N. K., & Adnyana, I. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platfrom Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Penjaminan Mutu , 239.
Rahma , P. (2014). Pengaruh Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran Di Sekolah .
Rofikoh, A. (2014). Analisis Soal-Soal Pada Buku Siswa Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Blom Terevisi. FKIP UMP, 9.
Salsabilla , I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran , 34.
Septiani, Y., Arribe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 133.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tianingrum , R., & Shopiany, H. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 442.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)