PENGARUH E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA KELAS III SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi guru dalam pembelajaran literasi yang masih menggunakan buku maupun power point yang monoton sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran literasi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media baca e-book dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Semarang yang terdiri dari kelas III A dengan jumlah 25 siswa dan kelas III B dengan jumlah 28 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, yakni membuat skala literasi membaca yang berisi pernyataan-pernyataan faviorable dan unfaviorable. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji paired sampel t-test, diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikasi antara hasil pretest dengan hasil posttest. Dengan kata lain, Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh media baca berupa e-book terhadap peningkatan literasi siswa kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang.
Kata Kunci: e-book, literasi, literasi membaca siswa
Full Text:
PDFReferences
Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas Penggunaan E-Book dengan Sigil untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1(November), 81–85.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Fitriyanti, P. (2021). Penggunaan E-Book Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Menengah Pertama. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 170–177. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5325
Fuad, Nur. (2023). Membuat E-Book dengan Sigil dengan Alat Bantu Seperti Microsoft Word, Google Docs, dan Code Editor. Nur Fuad.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kurniawan, Heru dan Mawarni. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini (Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menulis, dan Berpikir Anak). Yogyakarta: CV. Hikam Media Utama.
SALAM, E. S. (2019). Membangun Budaya Literasi Melalui Mata Kuliah Bahasa Indonesia Sebagai Media Revolusi Mental Generasi Produktif. Didaktika, 11(2), 158. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.163
Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30.
Solihah, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan E-Book Dalam meningkatkan Literasi Keagamaan Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6, 951–952.
Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan e-book dengan flip pdf professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 124–129. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/25
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)