PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 1 TAMBAHREJO

Desta Kirana Triadmaja, Eka Sari Setianingsih, Qoriati Mushafanah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem solving terhadap hasil belajar matematika kelas V di SDN 1 Tambahrejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model penelitian One Group Pretest Posttest Design. Dalam penerapan model pembelajaran problem solving siswa mampu memahami materi lebih mudah, berani unjuk diri untuk menyelesaikan soal di papan tulis, lebih aktif dalam pembelajaran, dan sangat antusias saat melakukan diskusi kelompok. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini diukur dengan berpedoman nilai pretest dan posttest sebanyak 21 siswa. Rata-rata pada nilai pretest 44,8 terdapat 2 peserta didik yang tuntas dan 19 peserta didik tidak tuntas. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 76,2 dimana 17 peserta didik tuntas dan 4 peseta didik tidak tuntas. Berdasarkan data penelitian diatas menunjukan bahwa adanya peningkatan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem solving berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif

 

Kata Kunci: model pembelajaran, problem solving, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta, Depdiknas.

Fadillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Yogyakarta, Media.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung, CV Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Rizal, Muh.. (2009). Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Estimasi Berhitung. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Matematika di STKIP PGRI Tulungagung, 26 Maret 2009.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Winarni, E. S & Harmini (2015). Matematika untuk PGSD. Cetakan Keempat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. [Skripsi].

Zakaria. & Yussoff. (2009). Antitude and Problem solving skills in algebra among malaysian matriculation college students. Europian Journal of Social science. 8(2). 232-245.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)