ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 2 KUNDEN
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas IV dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan minimnya minat guru untuk mengembangkan diri dan rendahnya pemusatan perhatian siswa ketika proses belajar mengajar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesulitan belajar dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 2 Kunden. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 12 siswa dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar yang dialami peserta didik cukup tinggi. Kesulitan belajar dapat dilihat dari seorang siswa yang tidak bisa membaca yang seharusnya sudah pandai membaca. Saat orang tuanya lengah atau bekerja mereka memilih untuk bermain. Berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa siswa kesulitan belajar karena guru Bahasa Indonesia tidak menggunakan alat-alat pelajaran (sarana dan prasarana) saat pelajaran berlangsung. Rendahnya pemusatan perhatian siswa dan keterbatasan waktu proses pembelajaran juga menjadi penyebab kesulitan belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Kunden. Peneliti menyarankan agar lebih mengoptimalkan potensi siswa dengan memperbanyak media atau pembelajaran yang melibatkan kegiatan yang menarik.
Kata Kunci: Kesulitan Menyimak, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Full Text:
PDFReferences
Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).
Arista, W. D., & Suderana, W. (2019). Implementasi Kebijakan Program Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 56-66.
Depdiknas. (2007). Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Jannah, Fitri Amilia, dan Agus Milu Susetyo. (2018). Kesulitan belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas III sdn slawu 02 kabupaten jember.
Juminingsih, J., & Samino, S. (2016). Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sdit Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura Tahun 2013/2014. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 23-31.
Khawani, A., & Prastowo, A. (2021). Jurnal WANIAMBEY : Waniambey : Journal of Islamic Education, 2(2), 161–170.
Larlen, L. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena, 3(1), 81–91.
Lestari, P. W., Imansyah, F., & Kuswidyanarko, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 443-449.
Magdalena, I., Shafani, H. T., & Ramadhani, V. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Dukuh 3. Pandawa, 3(2), 358-367.
Mukarromah, F., & Putri, S. A. R. (2021). Analisis Deskriptif Channel YouTube Satu Persen Episode “Kunci Komunikasi Efektif Menjadi Asertif”. Mediakita, 5(2), 130-146.
Nizar, M. (2018). Pengaruh sumber daya manusia, permodalan dan pemasaran terhadap kinerja usaha kecil dan menengah sari apel di Kecamatan Tutur. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 51-69.
Nusuki, N. (2022). Penerapan Konseling Qur'ani Untuk Mengentaskan Adab Buruk Generasi Milenial Pada Siswa Smpn 1 Suralaga. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 6(2), 98-115.
Pratiwi, M. F., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Negeri Cepagan 01 Batang. JS (Jurnal Sekolah), 4(3), 267-273.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 861-870.
Satria, E., & Sari, S. G. (2018). Penggunaan alat peraga dan Kit Ipa oleh guru dalam pembelajaran di beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Padang Utara dan Nanggalo Kota Padang. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 1-8.
Tarigan H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)