UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 01 YOSOREJO KECAMATAN PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN

Rismanto Teguh Wibowo

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia yang diterapkan di sekolah belum memanfaatkan media pembelajaran sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media gambar. Media gambar ini menarik bagi siswa karena dari media tersebut banyak tema yang dapat dipilih untuk dikembangkan dan semua siswa memperoleh kesempatan yang sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian  ini adalah  siswa kelas 1  SD N 01  Yosorejo  Kecamatan Petungkriyono Kabupaten pekalongan dengan jumlah 4 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif analisis data. Data diperoleh melalui instrument penelitian dengan menggunakan lembar soal dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Hasil pengelitian menunjukan ketrampilan guru dalam pembelajaran meningkat dilihat dari siklus I, Siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 82,5 dari 4 siswa dan dalam siklus II meningkat menjadi nilai rata-rata kelas yang dicapai 90. Dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 100, dengan pembelaran menggunakan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan ketrampilan membaca pada siswa kelas I SD.

 

Kata Kunci: Membaca Permulaan, Permainan Kartu Bergambar ( Flash Card )


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2002. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2008: 16. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dardjowidjojo, S. 2005. Psikolinguistik; Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta.

Yayasan Obor Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi

Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahayu, Tri. (2014). Perkembangan Kemampuan Membaca Siswa Berdasarkan Alat Evaluasi

Membaca Berbasis Portofolio. FPBS, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Tahir, Muh. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikani. Makasar: Universitas

Muhammadiyah Makasar.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)