KEEFEKTIAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 KELAS V SD NEGERI GAYAMSARI 02 KOTA SEMARANG

Afrisa Ardianty Kusuma, Singgih Adhi Prasetya, Ferina Agustini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap hasil belajar siswa tema 6 kelas V SDN Gayamsari 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gayamsari 02. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dipilih kelas VA. Data yang digunakan evaluasi berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji t berpasangan (paired sample t-test) dan uji N Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar tema 6 meningkat setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Dengan hasil uji t berpasangan yaitu 0,00 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Hasil analisa uji N Gain mendapatkan 0,7161. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM mencapai efektif.

 

Kata Kunci: Keefektifan, PjBl, STEM, hasil belajar

 


Full Text:

PDF

References


Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2020). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 33–40. https://doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4400

Dywan, A. A., Airlanda, G. S., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM DAN TIDAK BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 4(2), 344–354.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.

Insiyah, L. W., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Plotagon Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14000

Maghfiroh, K., Agustini, F., Aniq, M., Basyar, K., Pendidikan, F. I., Belajar, H., Article, H., Perhatian, P., Tua, O., & Hasil, T. (2023). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 5 KELAS IV SD NEGERI SAWAH BESAR 01 SEMARANG. 3(24), 288–298.

Nurhaliza, P., Syafitri, Y., Usmeldi, U., & Asrizal, A. (2021). Meta Analisis Pengaruh Penerapan STEM dalam Model Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA dan Fisika Terhadap Keterampilan Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i2.111677

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Rohmawati, L. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sukmawijaya, Y., Juhanda, A., Sukabumi, M., Syamsudin, J., & Cikole, S. H. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM-PJBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. 0417(9).

Yulaikah, I., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. 223–229.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)