KEEFEKTIAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS)) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 KELAS V SD NEGERI GAYAMSARI 02 KOTA SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap hasil belajar siswa tema 6 kelas V SDN Gayamsari 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gayamsari 02. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dipilih kelas VA. Data yang digunakan evaluasi berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji t berpasangan (paired sample t-test) dan uji N Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar tema 6 meningkat setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Dengan hasil uji t berpasangan yaitu 0,00 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Hasil analisa uji N Gain mendapatkan 0,7161. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM mencapai efektif.
Kata Kunci: Keefektifan, PjBl, STEM, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2020). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 33–40. https://doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4400
Dywan, A. A., Airlanda, G. S., Kristen, U., Wacana, S., & Tengah, J. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM DAN TIDAK BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 4(2), 344–354.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.
Insiyah, L. W., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Plotagon Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14000
Maghfiroh, K., Agustini, F., Aniq, M., Basyar, K., Pendidikan, F. I., Belajar, H., Article, H., Perhatian, P., Tua, O., & Hasil, T. (2023). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 5 KELAS IV SD NEGERI SAWAH BESAR 01 SEMARANG. 3(24), 288–298.
Nurhaliza, P., Syafitri, Y., Usmeldi, U., & Asrizal, A. (2021). Meta Analisis Pengaruh Penerapan STEM dalam Model Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA dan Fisika Terhadap Keterampilan Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i2.111677
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Rohmawati, L. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sukmawijaya, Y., Juhanda, A., Sukabumi, M., Syamsudin, J., & Cikole, S. H. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM-PJBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. 0417(9).
Yulaikah, I., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. 223–229.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)