KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA VIDEO KARTUN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PEMEBELAJARAN TEMA 8 KELAS II SDN BOLOAGUNG 02 KAYEN KABUPATEN PATI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi belum digunakannya model pembelajaran dan media pembelajaran khusus pada pembelajaran Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan SDN Boloagung 02 Kayen yang mengakibatkan kurangnya partisipasi aktif peserta didik dan tidak memperhatikan penjelasan guru mengakibatkan pembelajaran kurang menarik dan terkesan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran PBL berbantu media video kartu terhadap pemahaman peserta didik kelas II SDN Boloagung 02 Kayen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen desain. Desain penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan model one group pre-test post-test design yang digunakan dalam satu kelompok subjek. Hasil penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik dilihat dari hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest yaitu 49,47, dan posttest sebesar 91,17. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya t hitung sebesar 10,69584 dan untuk mengetahui t tabel dengan nilai signifikan 5% didapatkan sebesar 2,120. Jadi nilai t hitung > t tabel yang artinya H0 di tolak dan Ha di terima. Berdasarkan hail penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman peserta didik dilihat dari hasil pretest dan posttest bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media video kartun menunjukkan keefektifan terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran kelas II SDN Boloagung 02 Kayen.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Video Kartun, Pemahaman SiswaFull Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). "Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran". Lantanida Journal, 4(1), 35.
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam" Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.
Agustin, V. nurul. (2013). "Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL)". Journal of Elementary Education 2 (1) (2013) Pendahuluan, 2(1), 36–44.
Asyafah, A. (2019)." Menimbang Model Pembelajaran ( Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam )". 6(1), 19–32.
Arends, R. I. 2018. Belajar Untuk Mengajar Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. New York: McGraw Hills.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gaya Media.
Fatqurhohman. (2016). "Pemahaman Konsep Matematia Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar". Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 127-133.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
Hamdanah, Hamsi Mansur, K. I. A. (2021). "Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Plotagon Mata Pembelajaran IPA Untuk Kelas IV Sekolah Dasar". Journal of Instructional Technology J-INSTECH, 2(1), 77–84.
Handoko, O. (2018). "Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku". Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 231–236.
Kistian, A. (2019). "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat". Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, X(1), 92–104.
Mawardi., V. Y. (2018). "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD". JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 24–32.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Nur, A. F. (2020). Uniqbu Journal of Social Sciences ( UJSS ). "Penggunaan Model Problem Based Learing (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar", 1, 22–34.
Octavia, S. A. 2020. Model-model Pembelajaran. Sleman: Budi Utama.
Nuraini, F. (2017). "Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD". E-Jurnalmitrapendidikan, Volume 1, Nomor 4, Juni 2017, Mi, 369–379.
Safitri, S. N. (2022). "Pengaruh Model Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Dan Pofesi Pendidik, 8(2), 16–27.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin. (2018). "Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika". Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64.
Setiyaningrum, M. (2018). "Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika, 1(2), 99–108.
Sinambela, P.N., 2022. Model-model Pembelajaran. Serang: Sada Kurnia Pustaka
Suminto. (2019). "Pengaruh Penggunaan Media Kartun Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 05 Madiun". 21(April), 92–101.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Virgiana, A., & Wasitohadi. (2016). "Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Vidual Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadusambong-Blora Semester 2 Tahun 2014/2015".
Yanuarti, E. (2017). Dewantara Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian. 11(2):66-237, 11(2), 66–237.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18359
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)