PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BAHASA PADA SISWA KELAS 1 SDN 01 YOSOREJO KECAMATAN SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bahasa (kartu huruf, kartu kata, kartu gambar) pada siswa kelas I SDN 01 Yosorejo dengan metode penelitian tindakan. Untuk mencapai tujuan, penelitian didesain dalam dua siklus. Prosedur setiap siklus mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keefektifan tindakan setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes kemampuan membaca. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan siklus berikutnya. Data hasil tes kemampuan membaca dianalisis dengan mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya mencapai 93% dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 70,00 sebagai batas tuntas kemampuan membaca permulaan. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I untuk kategori sangat tinggi 30%, tinggi 43% dan cukup 27%. Pada siklus II meningkat menjadi 57% untuk kategori sangat tinggi, 40% tinggi serta 3% cukup. Rerata tes kemampuan membaca permulaan siswa pada kondisi awal 57,00 tingkat ketuntasan 33,33%. Pada siklus I nilai rerata 73,00 tingkat ketuntasan 66,67%. Pada siklus II, nilai rerata 85,33, tingkat ketuntasan 93,33%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu bahasa, guru dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 01 Yosorejo Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Kartu BahasaFull Text:
PDFReferences
Abdurrahman Mulyono, (2003). Pendidik Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Akhadiah Sabarti.dkk. (1992/1993). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Proyek Peningkatan mutu SD, TK dan SLB.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2004. Bahasa Indonesia dan Sastra: Keterampilan Membaca Pemahaman. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryadi, 2006. Retorika Membaca: Model, Metode, dan Teknik. Semarang: Rumah Indonesia.
Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Rajawali Pers, 2008), h. 44.
Linda Puspita, Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 2008), hal. 26.
Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), h. 152.
Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyono Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012), hal.172.
N.N. 2006, Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Bahasa Indonesia. Jakarta.
Ngalim Purwanto & Djeniah, Psikologi Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,1997), hal. 3.
Nurhadi. 2005. Membaca Cepat dan Efektif: Teori dan Latihan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Paizaluddin dan Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 130.
Rochiati Wiratmaja, Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), h. 66.
Santoso Puji, dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sofie Dewayani, 2021. Bahasa Indonesia: Aku Bisa! Untuk SD Kelas 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sofie Dewayani, 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Aku Bisa! Untuk SD Kelas 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Soedarso, 2004. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suharsimi Arikunto.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013), h. 47.
Suryani, A, Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas SDN 64/1, (Muara Bulan, 2010), h. 24.
Wardani,I.G.A.K, dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT.
Widyamartoyo, A. 2004. Seni Membaca untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)