HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN REWARD (HADIAH) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SD NEGERI PIYANGGANG 01 SUMOWONO

Pandu Erlangga Dewanta, Sukamto Sukamto, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Hubungan Antara Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa Di SD Negeri Piyanggang 01 Sumowono, (2) Mengetahui seberapa besar Hubungan Antara Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri Piyanggang 01 Sumowono. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi produk moment. Hasil penelitian mengenai korelasi antara pemberian reward dengan minat belajar siswa di SD Negeri Piyanggang 01 Sumowono, menunjukkan adanya hubungan pemberian reward (hadiah) terhadap minat belajar siswa SDN Piyanggang 01 Kecamatan Sumowono. Hal ini ditunjukkan dengan uji hipotesis menggunakan rumus korelasi produk moment dimana r tabel  dari N=31 dengan tingkat signifikansi 5% adalah 0,355. Dari hasil analisis dengan bantuan SPSS Versi 16.0 diperoleh nilai rhitung sebesar 0,957, berarti rhitung >  rtabel  sehingga Ho ditolak, karena rhitung > rtabel yaitu 0,957 > 0,355 (N = 31, α = 5%). Jadi, “Ada Korelasi Positif Antara Pemberian Reward Dengan Minat Belajar Siswa di SD Negeri Piyanggang 01 Sumowono” terbukti dengan rhitung > rtabel yaitu 0,957 > 0,355 (N = 31, α = 5%)..

Kata Kunci: Reward, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2021. “ Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas III MI Darul Ulum Kemangsen Balong Bendo Sidoarjo”. (Skripsi S-1 Progdi PGMI). Sidoarjo: FTK Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Srategi Belajar Mengajar. Jakarata Rineka Cipta

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Ernawati. 2011. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Resource Based Learning”. (Skripsi S-1 Progdi Matematika). Surakarta: FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Ismawati, Esti. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Surakarta : Yuma Pustaka

Fathoni, Ari. 2018. ”Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V MIN 1 Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018”. (Skripsi S-1 Progdi PGMI). Ponorogo: FATIK Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2012. Menyulap Siswa Karya Prestasi di Dalam dan Luar Sekolah. Jogjakarta : FlashBooks.

Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan Spss dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta : Gaya Media

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rohmah, Nur. 2019. “ Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa SMP PGRI 1 Marga Tiga Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur ”.(Skripsi S-1 PGMI). Lampung : FATIK Institut Agama Islam Negeri Metro.

Rubiyanto, Rubino. 2013. Penelitian Pendidikan. Surakarta : PGSD FKIP UMS

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D.Bandung: Alfabeta, 2006.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sadirman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Yusipa, Fitri. 2019. “Hubungan Pemberian Reward Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 93 Kaur”. (Skripsi S-1 Progdi PGMI). Bengkulu:FATT Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)