ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MUATAN PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SDN NEGERI BERGASLOR 01
Abstract
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini karena nilai siswa mengalami penurunan, dikarenakan siswa kurang paham saat mengerjakan kuis online karena kurangnya pemahaman siswa dengan orang tua tentang penggunaan teknologi informasi menggunakan jaringan internet dan kurangnya dukungan dan fasilitas yang diberikan orangtua yang berbeda beda. Dengan adanya pembelajaran di rumah, masih ada siswa yang merasa kurang terbimbing oleh guru, karena kurangnya pendampingan guru atau bimbingan tatap muka secara langsung. Adanya kesulitan yang dialami guru dan siswa saat pembelajaran daring pada muatan Seni Budaya dan Prakarya Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN Bergaslor 01.Fokus penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring serta hambatan dan dukungan pada masa WFH karena adanya wabah Covid -19 pada muatan Seni Budaya dan Prakarya Tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN Bergaslor 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah kelas V SDN Bergaslor 01 yang terdiri dari 34 siswa. Subyek penelitian adalah Guru dan Kepala Sekolah SDN Bergaslor 01 tahun pelajaran 2020-2021. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa pelaksanaan pembelajaran daring Kelas 5 tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. dapat disampaikan adalah fasilitas pembelajaran daring pada sekolah SDN Bergaslor 01 untuk siswa maupun guru ditingkatkan.Yaitu melalui media internet , zoom , youtube dan whatsapp group semakin lama mengalami peningkatan dengan adanya latihan secara terus menerus. Pernyataan tersebut diperkuat dengan nilai kuis siswa yang meningkat dalam setiap Kompetensi Dasar yang dapat dilihat pada daftar Kuis Daring siswa K.D 3.3 Kelas V SDN Bergaslor 01. Kesimpulannya, bahwa melalui bimbingan daring menggunakan media googlemeet , zoom , dan whatsapgroup secara rutin SDN Bergaslor 01 dapat meningkatkan keterampilan mutu dan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah fasilitas pembelajaran daring pada sekolah SDN Bergaslor 01 untuk siswa maupun guru ditingkatkan.
Full Text:
PDFReferences
Isman. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring): ISBN: 978-602-361-0457.
Sobran, A.N. 2019. Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. ISBN: 978-602-99975-3-8.
_________. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal PEndidikan Islam dan Multikulturalisme. Vol. 1. No. 2.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional.
Sugiyono. (2006). Statistik Non Parametris untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-undang Nomor 20 tentang Sisdiknas.
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 dan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah.
Mulyaningtyas, Dewi. (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mappinger-Bantu Video Hidup Sehat Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Tema Sehat Itu Penting Kelas V SDN Wlahar 02 Brebes Vol. 1 No. 1 (2019): SENDIKA
Dwi Hastuti, Ferbryana (2020), Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gunungjati Banjarnegara.
Wulandari, Dewi Ayu Vol I No. 3, November 2020. Analisis Nilai Karakter Pada Ekstrakurikuler Seni Musik dan Tari di SDN Candi 01 Semarang
Jurnal Sinektik Volume 3 Nomor 2, Edisi Desember 2020 Prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi ISSN 2620-6560 (print) ISSN 2620-746X (online)
Kholiq, Hisyam Abdul dkk JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education 2 (2) September 2019
Rista Karisma, (2019). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3 (3) pp. 216-222.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i1.8444
Refbacks
Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)