ANALISIS PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan memperbaiki hasil belajar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa antara lain faktor internal dan faktor eksternal yaitu disiplin belajar dan konsentrasi belajar. Siswa yang memiliki disiplin belajar dan konsentrasi dalam belajar yang tinggi akan terlibat aktif, mempunyai inisatif sendiri untuk belajar dan lebih tertib dalam belajar. Tujuan penulisan ini yaitu: 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan 3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar dan komsetrasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah displin belajar dan konsentrasi belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Mengingat seberapa penting disiplin belajar terhadap prestasi belajar maka perlu adanya disiplin yang tinggi pada diri siswa. Jadi dapat disimpulkan berhasil tidaknya siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai siswa. Untuk itu perlu memaksimalkan faktor yang mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar agar tujuan pendidikan berjalan lancar, efektif, dan efisien
Kata Kunci: Disiplin, Konsentrasi, Hasil belajar
References
Anas, M., Kumayadi, T.A., & Suyono, S. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pairshare Modifikasi Penemuan Terbimbing berbantuan Microsoft Power Point Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kedisiplinan Belajar
Aqib, Z. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.
Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sofan Amri. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Wahyuni, E.R (2014). Pengaruh Disiplin Menyelesaikan Tugas dan Rasa Ingin Tahu Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika di Kelas V SD Negeri 2 Sokanegara Tahun Pelajaran 2013/2014. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.8696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)