ANALISIS PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD

Ana Nur Hidayah

Abstract


Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan memperbaiki hasil belajar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa antara lain faktor internal dan faktor eksternal yaitu disiplin belajar dan konsentrasi belajar. Siswa yang memiliki disiplin belajar dan konsentrasi dalam belajar yang tinggi akan terlibat aktif, mempunyai inisatif sendiri untuk belajar dan lebih tertib dalam belajar. Tujuan penulisan ini yaitu: 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan 3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar dan komsetrasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah displin belajar dan konsentrasi belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Mengingat seberapa penting disiplin belajar terhadap prestasi belajar maka perlu adanya disiplin yang tinggi pada diri siswa. Jadi dapat disimpulkan berhasil tidaknya siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai siswa. Untuk itu perlu memaksimalkan faktor yang mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar agar tujuan pendidikan berjalan lancar, efektif, dan efisien

Kata Kunci: Disiplin, Konsentrasi, Hasil belajar


References


Anas, M., Kumayadi, T.A., & Suyono, S. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pairshare Modifikasi Penemuan Terbimbing berbantuan Microsoft Power Point Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kedisiplinan Belajar

Aqib, Z. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sofan Amri. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Wahyuni, E.R (2014). Pengaruh Disiplin Menyelesaikan Tugas dan Rasa Ingin Tahu Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika di Kelas V SD Negeri 2 Sokanegara Tahun Pelajaran 2013/2014. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i1.8696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)