PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI
Abstract
Abstrak:
COVID-19 telah menginfeksi jutaan manusia dan menyebabkan kematian di beberapa negara di dunia. Di Indonesia sendiri, virus corona sudah menyebar luas pada maret 2020, menyebabkan semua aktivitas kehidupan terhenti sementara, salah satunya adalah pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalh untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam peran guru sangatlah penting. Guru harus lebih memperhatikan proses belajar siswa agar dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Selain itu guru juga bisa meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan penilaian yang sesuai dengan hasil belajar siswa, memberikan apresisasi dalam pencapaian yang dilakukan oleh siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki nya.
Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar Siswa, Pandemi Covid-19
References
Tri Sukitman; Ahmad Yazid; Mas’odi. 2020. Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. STKIP PGRI Sumenep
Evi Susanti. 2020. HUBUNGAN PERAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia
Aulida Nurfikriyah Suhaemi1 , Dian Laurenza2 , Farahiyah Badzlina Pandu3 , Davina Putty Abhista.2020. PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING DI ERA PANDEMI COVID-19. Universitas Esa Unggul, Jakarta
Arianti. 2018. “PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA” dalam Jurnal Kependidikan Volume 12, No 2. SMA Negeri 14 Bone, Sulawesi Selatan
Adriana Damayanthi. 2020. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN KATOLIK. Ditjen Bimas Katolik Kementerian Agama
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.8746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)