Permasalahan Daring Bagi Sekolah di Bagian Pedesaan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan, solusi dan proyeksi pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mahasiswa Jurusan/Prodi PGSD Fakultas dan Keguruan PGRI Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan metode survey dengan mengamati dalam pembelajaran yang berlangsung berbagai sekolah dari segi SD, SMP, SMA menggunakan pembelajaran daring sesuai dengan anjuran pemerintah dan dilakikan secara online. Guru dan Murid harus mempelajari alat bantu seperti Google Classrom, Google Meet, dan Zoom agar tidak terlalu kesulitan dalam menyajikan materi dalam pembelajaran tersebut. Terdapat beberapa factor penghambat dalam pembelajaran daring, 1.koneksi/data apa bila sinyal tidak medukung akan sangat menganggu saat pembelajaran, 2.faktor ekonomi perlu kita ketahui pembalajaran daring sangat memerluka alat bantu seperti Handphone dan mungkin juga Leptop agar dapat mempermudah permasalahan terdapat pada ekonomi keluarga tersebut. 3.Apakah siswa benar-benar paham dengan materi yang di jelaskan saat pembelajaran daring berlangsung. Pembelajaran daring sangat membantu atau sangat besar manfaatnya dalam pembelajaran di tenggah pandemi yang sedang terjadi peran pembelajarn daring juga salah satu pengalaman tambahan bagi calon pendidik di masa depan.
References
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring
masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Bilfaqih, Y., & Qamaruddin. M.N., (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran
Daring, Deepublihs, Yogyakarta
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring
di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring
Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 2(1), 9-15.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S.
(2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran
online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and
Counseling, 2(1), 1-12.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan
pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33.
http://e-journal.unipma.ac.id
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.8767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)