PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 8 MUATAN IPA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRIT PADA SISWA KELAS IV SD N 1 SETROKALANGAN KABUPATEN KUDUSTAHUN AJARAN 2020/2021

DWI INDAH WIJAYANTI, Widya Kusumaningsing, Fransiska Suciana

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Setrokalangan. Nilai hasil belajar tema 8 muatan IPA kelasIV yang masih banyak siswa tidak memenuhi KKM yaitu dari 14 siswa hanya 3 (21,4%) yang tuntas dan 11 (78,6%) yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Konkrit untuk Meningkatan Hasil Belajar Tema 8 muatan IPA. Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Setrokalangan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Setrokalangan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus 2 pertemuan. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Media Konkrit dapat meningkatan hasil belajar Tema 8 muatan IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Setrokalangan. Saran dari penelitian ini adalah melalui model Discovery Learning Berbantuan Media Konkrit ini semoga dapat memeberikan kontribusi yang lebih baik dalam perbaikan pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i1.8876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)