PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL ZOOM MEETING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI CERITA FIKSI DAN PENOKOHANNYA TEMA 8 PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN JATIROTO 04
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatiroto 04 Kecamatan Kayen berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar angket kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah: a. Memberikan orientasi tentang permasalahan pada siswa b. Mengorganisasikan siswa untuk meneliti c. Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari pengolahan data hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang lebih dari dari KKM pada pra siklus 33% (rendah), sesudah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 57% (sedang), mengalami peningkatan kembali pada siklus II 78% dan siklus III 90%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i1.8897
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)