PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III SDN 1 PUTATNGANTEN

Dwi Murdianti, Choirul Huda, Joko Susanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa setelah menggunakan model Numbered Head Together pada tema perkembangan teknologi kelas III SDN 1 Putatnganten.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan.Setiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Variable dalam penelitian ini meliputi, keterampilan membaca nyaring siswa.Subjek penelitiansiswa kelas III SD Negeri 1 Putatnganten.Teknik pengumpulan data menggunakan nontes.Analisis data menggunakan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prosentase ketuntasan membaca nyaring siswa pada siklus I pembelajaran 1 adalah 31% pada siklus I pembelajaran 2 adalah 38% (2) Prosentase ketuntasan membaca nyaring siswa pada siklus II pembelajaran 1 adalah 46%, pada siklus II pembelajaran 2 adalah 58% (3) Prosentase ketuntasan membaca nyaring siswa pada siklus III pembelajaran 1 adalah 73% ,dan pada siklus III pembelajaran 2 adalah 88%.Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Numbered Head Together (NHT)dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model Numbered Head Together.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i1.8916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)