PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Identifikasi masalah pada penelitian ini meliputi model pembelajaran yang digunakan belum inovatif dalam proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa rendah dilihat dari siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru, dan pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa mudah bosan dan jenuh pada saat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IVC di SD Supriyadi Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IVC SD Supriyadi Semarang tahun ajaran 2020/2021 sejumlah 32 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVC, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data kualitatif meliputi aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru, dan data kuantitatif mencakup hasil belajar siswa, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar klasikal. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes yang meliputi pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan (observasi). Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila aktivitas belajar siswa meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sebesar 60,36%. Dengan hasil yang diperoleh, peneliti belum dapat memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, peneliti mengadakan perbaikan di siklus II supaya hasil penelitian dapat meningkat. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 72,66%. Dengan hasil yang diperoleh, peneliti belum dapat memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, peneliti mengadakan perbaikan di siklus III supaya hasil penelitian dapat meningkat. Pada siklus III, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 80,28%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IVC SD Supriyadi Semarang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i1.8935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)