KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 DI SD NEGERI 2 MENAWAN KABUPATEN GROBOGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media game Quizizz terhadap hasil belajar pada tema 8 subtema 1 siswa kelas V SD Negeri 2 Menawan Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Hasil perhitungan normalitas data pretest dan posttest berasal dari populasi berdistribisi normal. Hasil data pre-test menunjukkan rata-rata 64, sedangkan hasil perhitungan data post-test menunjukkan rata-rata 86. Perhitungan uji-t dari pretest dan posttest diperoleh thitung = 6,262 dan ttabel 2,110 dengan taraf signifikan 5%. Peningkatan rata-rata penilaian pengetahuan pada pertemuan pertama 65 dan pertemuan kedua menjadi 82, sedangkan penilaian sikap pada pertemuan pertama 64 dan pertemuan kedua menjadi 81, dan penilaian keterampilan pada pertemuan pertama 58 kemudian pada pertemuan kedua menjadi 85. Sedangkan perhitungan persentase ketuntasan belajar klasikal pretest 33% dan post-test 89%, artinya uji ketuntasan belajar klasikal post-test lebih baik dibandingkan pre-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa media game berbasis Quizizz efektif terhadap hasil belajar pada Tema 8 Subtema 1 siswa kelas V SD Negeri 2 Menawan Kabupaten Grobogan.
Kata Kunci: Media game Quizizz, hasil belajar siswa
Full Text:
PDFReferences
Ananda, Rizki, Fadhilaturrahmi. “Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di Sd”. Jurnal Basicedu. Volume 2, Nomor 2, Oktober 2018, halaman 11-21.
Aziz, Lalu Abdul. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 24 Cakranegara”. Media Pendidikan Matematika. Volume 6, Nomor 2, Desember 2018, halaman 96-103.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Wiwin Fachrudin. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd)”. Jurnal Al-Murabbi. Volume 3, Nomor 2, Juni 2018, halaman 263-278.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i1.9016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)