PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMBA (RUMAH BELAJAR ANAK) BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 EKOSISTEM SUBTEMA 1 KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR

Dwi Apriana Nur Sulikhin, Rofian Rofian, Wawan Priyanto

Abstract


Untuk meningkatkan antusias siswa, meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak) berbasis android pada tema 5 ekosistem subtema 1 komponen ekosistem  kelas V sekolah dasar. Penelitian menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan menggunakan model penelitian berdasarkan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Berdasarkan pengembangan yang dilakukan, karakteristik yang dihasilkan dari media pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak) berbasis android pada pembelajaran tema 5 ekosistem subtema 1 komponen ekosistem kelas V sekolah dasar yaitu media pembelajaran ini bertahan lama, memiliki tampilan desain dan warna-warna yang menarik, mempermudah siswa dalam memahami materi, media ini dapat digunakan disetiap saat, kapanpun dan dimanapun. Hasil validasi ahli materi mendapatkan 83,75%, hasil validasi ahli media mendapatkan 86,5%, hasil penilaian angket respon guru mendapatkan 98,66% dan hasil penilaian angket respon siswa mendapatkan 98%. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran Rumba (Rumah Belajar Anak) berbasis android pada pembelajaran tema 5 ekosistem subtema 1 komponen ekosistem kelas V sekolah dasar bisa dikatakan memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan guru dan siswa sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di sekolah dasar.

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azizah, Mira dkk. (2021). “Penggunaan Media Montase Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA". Junal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGUSEDA) Volume 04, Nomor 01, Maret 2021, 65-69. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/viewFile/3279/2216

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kuswanto & Radiansah. (2018). "Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI". Jurnal FKIP UNS, 1-7.

Lubis, Ismi Ramadhan. (2015). "Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peseta Didik SMA". Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1-12. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/7504/6500

Muyaroah& Fajartia. (2017). "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi". Innovative Journal of Curricuum and Educational Technology, 1-5. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/19336/9214

Priyanto,Wawan (2016). "Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar". Mimbar Sekolah Dasar, 120-135. https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/4252

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. Bandung: PT RajaGrafindo Persada.

Sanaky, Hujair AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widiastika, Milda Asti. (2021). "Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar". Jurnal Basicedu, 51. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/602

Yaumi, Muhammad. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.9634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)