ANALISIS KESULITAN MENENTUKAN POKOK PIKIRAN DAN KALIMAT UTAMA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021

Zulfaisah Fadhilah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai teks paragraf dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menentukan pokok pikiran dan kalimat utama dalam teks paragraf pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema Organ Gerak Hewan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Padangsari 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, adapun subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Padangsari 01 dengan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini masih banyak ditemukan siswa yang mengalami kesulitan menentukan pokok pikiran dan kalimat utama. Hal ini sesuai dengan hasil tes yang diperoleh siswa kemudian dikuatkan dengan pernyataan siswa pada saat wawancara. Selain itu, hasil wawancara guru menyatakan bahwa siswa dalam menentukan pokok pikiran ini masih dapat dikatakan kurang dikarenakan rendahnya minat baca siswa sehingga siswa tidak dapat menemukan pokok pikiran atau inti permasalahan bacaan tersebut.

Kata Kunci: kesulitan, pokok pikiran, kalimat utama, tema organ gerak hewan dan manusia

References


Anzar, Safni Febri dan Mardhatillah. 2017. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Bina Gogik. Vol 4 (1): 54-55.

Fauzi, Muhammad Rizal. 2020. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Dengan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Concentrated Language Encounter”. Jurnal of Elementary Education. Vol 03 (04): 151.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kaban, Sahati dan Lutmila, Tria. 2015. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan”. Jurnal Ilmiah PGSD. Vol VIII (2): 2.

Mayada, Buhari A. – Barasandji, Sahrudin – Kolda, Syamsuddin. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Koyobunga Kecamatan Peling Tengah Kabupaten Banggai Kepulauan”. Jurnal Kreatif Tadulako. Vol 1 (1): 116.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suandi, I Nengah – Sudiana, I Nyoman – Nurjaya, I Gede. 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.9764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)