Peningkatan Praktik Latihan dan Pengembangan Aspek Profesional Pelatih Renang di Lingkungan Ayo Renang Akademi Kota Malang
Abstract
Pembelajaran dan pengembangan pelatih telah menjadi topik yang menarik minat, menganalisis situasi dan keterampilan yang berbeda dengan tujuan akhir untuk mendukung efisiensi pelatih selama latihan rutin sehari-hari. Analisis situasi mendapati kurangnya aspek terhadap profesionalisme dan praktik latihan yang tidak terkontrol sebagai faktor utama yang menyebabkan rendahnya pemahaman pada pelatih. Melalui program ini, yang pada dasarnya melihat dari analisis situasi, tujuannya adalah meningkatkan kualitas praktik dan membentuk karakter profesional pada pelatih renang. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah dengan pendekatan peningkatan pemahaman terhadap suatu masalah yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat lokal dalam identifikasi, analisis, dan penyelesaian masalah. Program ini dilakukan dengan tes awal, kemudian diberikan pemahaman materi melalui seminar, serta tes akhir untuk mengukur peningkatan pemahaman pelatih. Program ini berhasil meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai praktik dan profesional pada pelatih, terutama dalam aspek Long Term Athlete Development (86,7%), Performance Analysis (83,4%), Evaluasi Diri (33,4%), Pengembangan Pelatih (11,1%), dan Interaksi Intra-Interpersonal (26,6%). Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penerapan nilai-nilai ini. Dengan demikian, program ini tidak hanya meningkatkan aspek pengetahuan tetapi juga membentuk fondasi profesionalisme yang kuat pada pelatih melalui pengalaman positif dalam cabang olahraga renang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan~….
Callary, B., Rathwell, S., & Young, B. W. (2018). Coach education and learning sources for coaches of Masters swimmers. International Sport Coaching Journal, 5(1), 47–59.
Côté, J., & Gilbert, W. (2009). An integrative definition of coaching effectiveness and expertise. International Journal of Sports Science & Coaching, 4(3), 307–323.
Dalamitros, A. A., Nikolopoulos, A., Varsamidou, K., Gourgoulis, V., Zafeiroudi, A., Loukovitis, A., Clemente-Suárez, V. J., Tornero-Aguilera, J. F., & Powell, C. (2023). Swimming coaches’ professional development and training practices: an international survey. Frontiers in Sports and Active Living, 5, 1229066.
Davis, L., Jowett, S., & Tafvelin, S. (2019). Communication strategies: The fuel for quality coach-athlete relationships and athlete satisfaction. Frontiers in Psychology, 10, 2156.
Hariyanto, A., Kusuma, D. A., & Pramono, B. A. (2023). Perencanaan Kepelatihan Olahraga. Uwais Inspirasi Indonesia.
Healy, R., Kenny, I. C., & Harrison, A. J. (2021). Resistance training practices of sprint coaches. The Journal of Strength & Conditioning Research, 35(7), 1939–1948.
Mooney, R., Corley, G., Godfrey, A., Osborough, C., Newell, J., Quinlan, L. R., & ÓLaighin, G. (2016). Analysis of swimming performance: perceptions and practices of US-based swimming coaches. Journal of Sports Sciences, 34(11), 997–1005.
Reade, I., Rodgers, W., & Hall, N. (2008). Knowledge transfer: How do high performance coaches access the knowledge of sport scientists? International Journal of Sports Science & Coaching, 3(3), 319–334.
Rynne, S. B., Mallett, C. J., & Rabjohns, M. W. O. (2016). High performance coaching: Demands and development. In The psychology of sports coaching (pp. 114–127). Routledge.
Santos, S., Mesquita, I., Graça, A., & Rosado, A. (2010). Coaches’ perceptions of competence and acknowledgement of training needs related to professional competences. Journal of Sports Science & Medicine, 9(1), 62.
Sayekti, K. A., & Lumintuarso, R. (2022). Evaluasi program pembinaan olahraga renang di klub renang Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 80–90.
Siahaan, M. F., Siahaan, J., Fazara, A., & Shinab, F. (2024). Coaching Clinic Pengaturan Gizi dan Hidrasi Atlet pada Pelatih Taekwondo Kota Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat, 5(1), 58–65.
Silva, E. J. Da, Evans, M. B., Lefebvre, J. S., Allan, V., Côté, J., & Palmeira, A. (2020). A systematic review of intrapersonal coach development programs: Examining the development and evaluation of programs to elicit coach reflection. International Journal of Sports Science & Coaching, 15(5–6), 818–837.
Szedlak, C., Smith, M. J., & Callary, B. (2021). Developing a ‘letter to my younger self’to learn from the experiences of expert coaches. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 13(4), 569–585.
Tan, L. Q. W., & O’Connor, D. (2022). Coaches’ perspectives of the continuing coach education program in the development of quality coach education in Singapore. International Sport Coaching Journal, 10(2), 230–243.
Vinson, D., Huckle, V., & Cale, A. (2021). “I’ve had a magical journey”: understanding how international sports coaches learn through cross-sport boundary encounters. Sports Coaching Review, 10(2), 177–202.
Woods, C. T., McKeown, I., O’Sullivan, M., Robertson, S., & Davids, K. (2020). Theory to practice: performance preparation models in contemporary high-level sport guided by an ecological dynamics framework. Sports Medicine-Open, 6, 1–11.
DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i2.19882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Abdullah
Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.