Pelatihan Pengembangan Komunitas Belajar Guru-Guru di SMAN 3 Sigi Kab.Sigi

Gunawan Gunawan, Delvi Kristanti Liloi, Nyoman Sukrawan, Hendra Iskandar, Moh Adhan

Abstract


Komunitas belajar ini menjadi perhatian utama dalam peningkatan kualitas pembelajaran sekolah ini. Yang merupakan hal yang baru sehingga masih mencari formula terbaik dalam penerapannya. Guru-guru sudah mengikuti lokakarya Komunitas Belajar yang diselenggarakan Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Tengah, melalui kegiatan tersebut mereka dipandu dan diarahkan dalam membentuk komunitas belajar ini serta sudah terdaftar dalam Platfom Merdeka Belajar. Namun mereka masih mebutuhkan pelatihan-pelatihan untuk bisa mengembangkan komunitas belajar ini lebih baik di SMA 3 Sigi. Tim pengabdi perlu memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Tim pengabdi bermaksud bermitra atau bekerjasama dengan SMA 3 Kab. Sigi untuk mengadakan Pelatihan Pengembangan Komunitas Belajar Guru-Guru di SMA 3 Kab. Sigi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan Community Based Research (CBR). Dengan terlaksananya pelatihan ini maka permasalahan yang dihadapi oleh mitra sudah teratasi, mereka lebih percaya diri dan mulai menyusun rencana program untuk komunitas belajar di SMA 3 Sigi serta motivasi dan kolaborasi dan dukungan profesional guru-guru semakin meningkat sehingga berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh di SMA 3 Sigi. Dari hasil evaluasi melalui tes wawancara langsung ke peserta yang terdiri dari 30 orang guru di SMA 3 Sigi terdapat 25 orang yang sudah memahami dan 5 orang yang belum memahami tentang peran dan fugsi komunitas belajar di SMA 3 Sigi. 


Keywords


Pelatihan guru, Kombel, SMA 3

Full Text:

PDF

References


Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238

Auliya, F., & Suminar, T. (2016). Strategi Pembelajaran Yang Dapat Mengembangkan Kemandirian Belajar Di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 10–15.

Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L. R. T., & Rasmi, D. A. C. (2019). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Mendukung Kesiapan Guru Sebagai Role Model Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 343–347. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i3.1345

Hasmawaty, Muliati, & Bachtiar, M. Y. (2023). Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (MM) Melalui Komunitas Belajar Gugus PAUD. Madaniya, 4(2), 574–581.

Khusna, R., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Terhadap Kemampuan Pedagogik Guru Di Ikatan NSIN TK Bekasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 252–260. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.252-260

Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440

Ningrum, M. D., & Sujarwo, S. (2017). Pemberdayaan pedagang pasar tradisional dalam pondok komunitas belajar di sanggar kegiatan belajar Kabupaten Wonogiri. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 199–214. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.13554

Nyoman, I. B. (2022). Persepsi guru terhadap pentingnya pelatihan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, 3(5), 6313–6318. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sekar, R. Y., & Kamarubiani, N. (2023). Komunitas Belajar Sebagai Sarana Belajar Dan Pengembangan Diri. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28285

Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi guru-guru SMP. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110.

Triatna, C. (2017). Membangun Komunitas Belajar Profesional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.17509/jap.v22i1.5918

Wardana, B., Setiawan, D., Hudah, Ma., Widiyatmoko, F., Royana, I., Kresnapati, P., & Setyawan, D. (2022). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi. Jurnal Pengabdian Olahraga Di Masyarakat, 3(2), 82–88.

Wulandari, R. N. A., Puspasari, D., & Trisnawati, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kodular Bagi Guru Di Smk Tunas Wijaya Surabaya. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 4(1), 39–45. https://doi.org/10.26740/abi.v4n1.p39-45




DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i2.20509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gunawan Gunawan, Delvi Kristanti Liloi, Nyoman Sukrawan, Hendra Iskandar, Moh Adhan

 


Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)

Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.